Pengaruh Terpaan Iklan Layanan Masyarakat terhadap Ekspektasi Berhenti Merokok

Regieta Fauziyyah Heriyawan, Regieta (2015) Pengaruh Terpaan Iklan Layanan Masyarakat terhadap Ekspektasi Berhenti Merokok. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)

Abstract

Iklan layanan masyarakat versi “Berhentilah Merokok Sebelum Rokok Menikmati Anda”, yang isinya mengajak masyarakat untuk berhenti merokok karena dapat merusak kesehatan terus digencarkan dalam media televisi oleh Pemerintah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan harapan iklan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjauhi rokok sebelum terkena dampak dari bahaya merokok. Rokok selama ini dibilang sebagai penyumbang devisa terbesar untuk Negara padahal nyatanya rokok justru menyumbang kerugian terbesar Negara baik secara finansial, moral dan kesehatan. Gencarnya upaya pemerintah untuk menyadarkan masyarakat melalui kampanye bahaya merokok pada Iklan Layanan Televisi tidaklah mudah, namun hal ini tidak membuat pemerintah untuk menghentikan kampanyenya melalui iklan layanan masyarakat. Fenomena inilah yang menjadi ketertarikan bagi peneliti untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan iklan layanan masyarakat versi “Berhentilah Merokok Sebelum Rokok Menikmati Anda” terhadap Ekspektasi Berhenti Merokok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan data kuantitatif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan formula statistik, yakni dengan menggunakan analisis korelasi, analisis regresi, uji asumsi klasik (uji normalitas), uji asumsi dasar (uji keberartian), uji linieritas, dan analisis koefisien determinasi yang pengolahannya dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 19. Persentase Terpaan Iklan Layanan Masyarakat Versi “Berhentilah Merokok Sebelum Rokok Menikmati Anda” terhadap Ekspektasi Berhenti Merokok adalah sebesar 23,3% dan sisanya sebesar 76,7% dipengaruhi oleh variabel lain selain Pengaruh Terpaan Iklan Layanan Masyarakat Versi “Berhentilah Merokok Sebelum Rokok Menikmati Anda”. Persentase observational learning (X1) terhadap Ekspektasi Berhenti Merokok (Y) adalah sebesar 20,2% dan sisanya sebesar 79,8% dipengaruhi oleh variabel lain selain observational learning (X1). Hasil penelitian ini menyimpulkan Terpaan Iklan Layanan Masyarakat Versi “Berhentilah Merokok Sebelum Rokok Menikmati Anda” (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Ekspektasi Berhenti Merokok (Y), begitupun dengan pengaruh observational leaning (X1) terhadap Ekspektasi Berhenti Merokok (Y). Kriteria hubungan antara variabel Terpaan Iklan Layanan Masyarakat Versi “Berhentilah Merokok Sebelum Rokok Menikmati Anda”(X) dan Ekspektasi Berhenti Merokok (Y) memiliki hubungan cukup/sedang. Observational leaning (X1) terhadap Ekpektasi Berhenti Merokok (Y) juga memiliki kriteria hubungan yang cukup/sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Layanan Masyarakat, Merokok
Subjects: Relationship of Libraries > Relationship with the Community
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Sopia Respiawati
Date Deposited: 15 Nov 2017 04:52
Last Modified: 15 Nov 2017 04:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4838

Actions (login required)

View Item View Item