Hopipah, Popong (2021) Analisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik muatan bahasa indonesia di kelas II SDIT AN-NUR. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (260kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (655kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa kelas II SDIT AN-NUR dalam pembelajaran tematik. Di antara gejala yang dirasakan peserta didik dalam proses belajar yaitu kesulitan dalam mengerjakan tugas dari sekolah, kurang semangat dalam mengerjakan tugas, dan kurangnya perhatian dari orang tua. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik muatan bahasa indonesia di kelas II SDIT AN-NUR, untuk mendeskripsikan pembelajaran tematik di kelas II SDIT AN-NUR, dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik di kelas II SDIT AN-NUR. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas II sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai motivasi belajar siswa kelas II SDIT AN-NUR yaitu dari 30 siswa memiliki beragam kriteria. Kriteria motivasi belajar terbagi menjadi lima kelompok, yaitu sangat baik, baik, cukup baik, kurang baik, dan tidak baik. Diperoleh 14 siswa yang mendapatkan kriteria sangat baik, 13 siswa memperoleh kriteria baik, dan 3 orang memperoleh kriteria cukup baik. Pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas II SDIT AN-NUR sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, siswa antusias terhadap pembelajaran, dan guru menggunakan model, metode, serta media pembelajaran. Faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar siswa di kelas II SDIT AN-NUR di antaranya cita-cita, kegiatan belajar yang menarik, dan lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi; pembelajaran tematik; faktor-faktor yang memengaruhi motivasi balajar. |
Subjects: | Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Popong Hopipah |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 05:58 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 05:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/48392 |
Actions (login required)
View Item |