Ashidiqi, Syifa Qurrotu Aini (2021) Pesan Khithabah melalui media sosial Tiktok pada akun @indahrama_. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (554kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) | Request a copy |
Abstract
Khithabah adalah proses komunikasi lisan yang diperintahkan Allah kepads Rasul-Nya Muhammad SAW, semoga Allah memberkatinya dan memberinya kedamaian. Menyebarkan ajaran Islam ke seluruh umat manusia, yang kemudian diarahkan oleh para pengikutnya. Metode Khithabah yaitu satu bagian yang memutuskan perkembangan Islam hingga saat ini. Siapapun yang melalukan khithabah dinamakan khatib. Sebagai seorang khatib berpengalaman, harus memiliki cara, bahan dan media khithabah yang efektif agar khutbahnya mudah tersampaikan kepada jama'ahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan khithbah yang terdapat pada akun tiktok @indahrama_ dengan rumusan masalah yang memfokuskan pada tiga konsep yaitu perencanaan khithabah pada akun tiktok @indahrma_, pelaksanaan khithabah pada akun tiktok @indahrama_, dan evaluasi khithabah pada akun tiktok @indahrama_. Penelitian ini memakai teori Harold Lasswell yang terdiri dari "who, says what, in with channel, to wwhom, with what effect." memiliki arti "Siapa, mengatakan apa, dengan media/saluran, kepada siapa, dengan efek apa" metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunankan metode deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan paradigma konstruktivisme yang menganggap bahwa kebenaran suatu realitas sosial dilihat sebagai hasil konstruksi sosial, dan kebenaran suatu realitas sosial bersifat relatif. Teknik pengumpulan data ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap pesan khithabah Indah Ramadani pemilik akun dari @indahrama_ pada media sosial tiktok. Teknik keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber data berupa kumpulan konten khithabah pada akun tiktok @indahrama_. Hasil penelitiana ini terkait pesan khithabah yang dilakukan oleh Indah Ramadani meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan khithabah tterdiri dari metode khithabah, pengetahuan dasar tentang psikologi, dan sosial. Pelaksanaan khithabah meliputi motivasi, hadist nabi, kaum ulama, fiqh dasar dan wanita. Evaluasi khithabah derdapat dua segi, pertama evaluasi diri sendiri, kedua evaluasi yang berhubungan dengan topik khithabah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kithabah; persiapan khithabah; media sosial tiktok |
Subjects: | Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Syifa Qurrotu Aini Ashidiqi |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 02:59 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 02:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/48415 |
Actions (login required)
View Item |