Maemuna, Pebi (2021) Selektivitas masyarakat Desa Tanjungwangi Kecamatan Pacet dalam memilih media massa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (259kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
Abstract
Teknologi informasi di Indonesia kini berkembang semakin pesat mengikuti perkembangan zaman ini sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat, termasuk masyarakat desa/ pedesaan. Hingga akhirnya masyarakat dihadapkan dengan sebuah dilema dalam memilih media massa yang akan mereka gunakan, yang mana setiap media sama-sama memiliki keunggulan masing - masing. Masyarakat dapat memilih media konvensional televisi atau lebih memilih media daring (dalam jaringan). Khalayak merasakan berbagai macam pengaruh yang sangat kuat akibat terpaan informasi yang diberikan oleh media. Untuk mendapatkan informasi yang diinginkan, bagi masyarakat yang memiliki karakter yang berbeda (hetetogen) maka media yang mereka pilih juga belum tentu sama, tergantung dengan bagaimana masyarakat itu sendiri mengonsumsi informasi yang mereka dapatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana selektivitas masyarakat Desa Tanjungwangi dalam memilih media massa. Secara rincinya tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kriteria masyarakat dalam memilih media massa, penggunaan media massa, dan implikasi dari penggunaan media massa pada masyarakat Desa Penelitian ini menggunaan teori penggunaan dan kepuasan atau teori uses and gratification. Teori ini memfokuskan perhatian pada audien sebagai konsumen media massa dan bukan pada pesan yang disampaikan. Teori uses and gratification ini memiliki asumsi bahwa masyarakat atau pengguna memiliki kebebasan untuk memilih media yang lain sesuai kebutuhan mereka. Pendekatan manusiawi didalam melihat media lebih ditekankan dalam teori ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan penelitian kualitatif ini peneliti mencoba memahami tentang bagaimana masyarakat pedesaan menggunakan dan memanfaatkan media massa yang ada. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penelitian ini yakni observasi, wawancara dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Desa Tanjungwangi Kecamatan Pacet ini sangat selektif dalam memilih media massa. Dapat dilihat dari beberapa kriteria yang sesuai dengan keinginan mereka, diantaranya media harus menyampaikan informasi atau berita yang aktual, faktual, up to date, informatif, menarik, dan mudah diakses kapanpun dan dimanapun. Hal tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Desa Tanjungwangi selektif dalam memilih media massa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Selektivitas; Masyarakat Desa; Media Massa |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Pebi Maemuna |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 00:49 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 00:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/48451 |
Actions (login required)
View Item |