Pengaruh bimbingan individual terhadap perkembangan kecerdasan spiritual siswa : Penelitian pada siswa kelas x SMA Negeri 2 Cimalaka masa pandemi

Ummah, Bunga Yustika Khoerrotul (2021) Pengaruh bimbingan individual terhadap perkembangan kecerdasan spiritual siswa : Penelitian pada siswa kelas x SMA Negeri 2 Cimalaka masa pandemi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Kebanyakan orang menganggap bahwa yang paling penting itu adalah kecerdasan intelektual, namun dalam kenyataannya kecerdasan spiritual lah yang paling penting karena kecerdasan spiritual merupakan kemampuan individu dalam memahami dan memaknai nilai-nilai kehidupan. Kecerdasan spiritual sendiri merupakan kemampuan yang bisa dirubah dan dikembangkan untuk itu perlunya suatu bimbingan yang dapat mengembangkan kecerdasan spiritual tersebut, dan bimbingan individual lah yang tepat untuk itu karena bimbingan individual mempermudah proses penelaahan kepada masing- masing siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan individual kepada siswa kelas X SMAN 2 Cimalaka serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh bimbingan individual terhadap kecerdasan spiritual pada siswa kelas X SMAN 2 Cimalaka. Penelitian ini berpijak kepada teori yang dikemukakan oleh Danah Zohar dan Ian Marshall bahwa kecerdasan spiritual adalah kecerdasan untuk menilai bahwa tindakan atau jalan hidup seseorang lebih bermakna dibandingkan dengan yang lain (Ary Ginanjar, 2002: 57). Dan bimbingan individual itu sendiri menggunakan teori menurut Yusuf dan Nurihsan adalah sebagai upaya pengembangan kemampuan peserta didik untuk menghadapi dan mengatasi masalah-masalah pribadi (Tohirin, 2008: 13). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jumalah populasi 55 siswa kelas X SMAN 2 Cimalaka yang terdiri dari kelas X IPA 2 dan X IPA 3. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling (pengambilan data berdasarkan kriteria tertentu). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan individual yang dilakukan di SMAN 2 Cimalaka sudah dilakukan secara baik meskipun terkendala oleh pandemi, dan pengaruh bimbingan individual terhadap kecerdasan spiritual yaitu sebesar 70,72%. Hal ini diinterpretasikan pada rumus koefisien determinasi 0,8412 x 100% = 70,72% yang artinya hal ini menunjukkan persentase pengaruh bimbingan individual terhadap kecerdasan spiritual siswa yaitu sebesar 70,72% dan sisanya sebesar 29,28% dipengaruhi oleh variabel lain selain bimbingan individual. Dan hasil presentase dari aspek-aspek kecerdasan spiritual itu yaitu mempunyai visi 18,42%, memiliki prinsip 18,33%, selalu mengingat Allah 23,90%, cenderung kepada kebaikan 17,40%, dan berjiwa besar 21,95%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Individual; Kecerdasan Spiritual; Siswa Kelas X
Subjects: Human Physiology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Bunga Yustika Khoerottul Ummah
Date Deposited: 08 Feb 2022 01:10
Last Modified: 08 Feb 2022 01:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48459

Actions (login required)

View Item View Item