Hayati, Azma (2021) Penggunaan model pembelajaran Self-Directed Learning (SDL) pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa : Penelitian quasi eksperiment di MAN 1 Pasaman Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (784kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelian kuasi eksperimen yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, salah satunya melalui penggunaan model pembelajaran Self-Directed Learning (SDL). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (a) proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning; (b) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning (SDL) dengan pembelajaran secara konvensional (ekspositori); (c) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model Self-Directed Learning (SDL). Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian tes berupa soal kemampuan pemecahan masalah matematis dan nontes yaitu angket respon siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Pasaman Barat provinsi Sumatera Barat dengan sampel kelas X IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA-2 sebagai kelas control pada materi vektor. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data n-gain, diperoleh: (a) gambaran proses pembelajaran guru dan siswa pada materi vektor segiempat menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning berada pada kategori baik; (b) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Self-Directed Learning mengalami peningkatan dengan interpretasi sedang. Adapun Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran Konvensional mengalami peningkatan dengan interpretasi rendah. Sehingga terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (c) sebagian besar siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning merespon positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemecahan Masalah Matematis; Model Pembelajaran Self-Directed Learning |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Azma Hayati |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 07:49 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 07:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/48498 |
Actions (login required)
View Item |