Ponna, Afra Siti Annisa (2021) Pembelajaran matematika menggunakan metode POE (Predict, Observe, Explain) berbantuan aplikasi kahoot untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa : Penelitian di SMA Negeri 13 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (355kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis matematis siswa didalam pembelajaran matematika tergolong masih rendah. Dengan menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran matematika menggunakan Metode POE berbantuan Aplikasi Kahoot untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMAN 13 Bandung. Data didapat dari instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa, lembar observasi aktivitas, lembar angket skala sikap, dan wawancara. Hasil analisis data dan pembahasan memiliki kesimpulan bahwa: (1) gambaran aktivitas guru dan siswa yang dikategorikan sangat aktif dengan aktivitas guru mendapatkan rata-rata persentase pada Siklus I sebesar 85,72% dan pada Siklus II sebesar 100%. Sementara aktivitas siswa mendapatkan rata-rata persentase pada Siklus I sebesar 80,29% dan pada Siklus II sebesar 100%; (2) hasil kemampuan berpikir kritis matematis siswa sebelum menggunakan Metode POE mendapatkan rata-rata sebesar 44,4 dengan kategori rendah; (3) hasil kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah menggunakan Metode POE berbantuan Aplikasi Kahoot pada Siklus I mendapatkan rata-rata sebesar 59,12 dengan kategori rendah dan pada Siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata sebesar 75 dengan kategori tinggi; (4) gambaran sikap siswa setelah menggunakan Metode POE dengan bantuan aplikasi Kahoot yang dikategorikan cukup baik dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode POE; Aplikasi Kahoot; Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; PTK |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Afra Siti Annisa Ponna |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 07:52 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 07:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/48499 |
Actions (login required)
View Item |