Wiliandini, Siska (2020) Strategi pemasaran jasa pendidikan sekolah menengah atas: Studi kasus di Sekolah Menengah Atas Daarut Tauhiid Boarding School Putra. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1. COVER.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf Download (186kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7. BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang peneliti memilih topik tersebut berdasarkan pada peminat SMA Daarut Tauhiid Boarding School Putra tiap tahun cenderung meningkat. Hal ini mengindikasikan bahwa SMA DTBS Putra memiliki keunggulan dalam daya saing, maka diperlukan desain strategi pemasaran jasa pendidikan untuk memperoleh keunggulan daya saing. Hal ini mendorong peneliti untuk melaksanakan penelitian di sekolah tersebut. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1) Proses perencanaan strategi pemasaran jasa pendidikan, 2) implementasi strategi bauran pemasaran (marketing mix) jasa pendidikan, 3) evaluasi strategi bauran pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif metode deskriptif, dengan desain penelitian studi kasus. Data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian meliputi pimpinan sekolah, tenaga kependidikan, siswa dan komite. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini meliputi: 1) Proses perencanaan strategi pemasaran jasa pendidikan menunjukkan adanya peran pemasaran yang strategis pada setiap level pimpinan di lingkungan pendidikan Daarut Tauhid, yaitu peran pemasaran pada level pimpinan korporasi (Direktur Pendidikan DT), pimpinan unit (Kepala Sekolah SMA) dan pimpinan operasional (Wakil Kepala Hubungan Masyarakat). 2) Implementasi strategi bauran pemasaran jasa pendidikan meliputi upaya menguatkan kepastian dan penyesuaian program dalam perubahan permintaan pasar saat ini. Strategi bauran pemasaran dirangkum dalam komponen 9P yaitu: produk (product), harga (Price), tempat (Place), promosi, sumber daya insani (Person), sarana fisik (Phisycal evidence), proses (Process), protokol nilai (Protocol of value) dan pandemi (Pandemic). 3) Evaluasi strategi bauran pemasaran dilakukan dengan mengukur keterlaksanaan strategi bauran pemasaran, tingkat minat dan tingkat kepuasan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu hendaknya meningkatkan kekuatan sinergis peran pemasaran setiap pimpinan saat penyusunan perencanaan strategi. Komponen 9P dalam implementasi strategi bauran pemasaran jasa pendidikan sebaiknya ditingkatkan pada perbaikan berkelanjutan, dan hendaknya pimpinan meningkatkan kompetensi dalam menjalankan fungsi evaluasi strategi melalui keikutsertaan pengembangan dan pelatihan secara kelembagaan yang menunjukan ciri khas Daarut Tauhiid.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Pemasaran Jasa; Strategi Pemasaran Pendidikan; Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration General Management > Sales Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siska Wiliandini |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 09:20 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 02:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/48500 |
Actions (login required)
View Item |