Penafsiran Ayat-Ayat Eskatologi menurut Tafsir Al-Bayan Li Al-Quran Al-Karim Karya Aisyah Abdurrahman Bint Syathi: Kajian Tafsir Maudhu'i Juz 30

Sukmawati, Nia (2021) Penafsiran Ayat-Ayat Eskatologi menurut Tafsir Al-Bayan Li Al-Quran Al-Karim Karya Aisyah Abdurrahman Bint Syathi: Kajian Tafsir Maudhu'i Juz 30. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-cover.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Di satu sisi masih ada orang yang meragukan bahkan tidak percaya tentang adanya peristiwa hari akhir dan melakukan ramalan tentang waktu datangnya hari akhir juga ayat-ayat mengenai permasalahan eskatologi yang masih mengandung perumpamaan masih kurang dibahas, Akan tetapi di sisi lain menurut nash Al-Qur’an dijelaskan bahwa hari akhir itu suatu saat pasti akan datang. Hari akhir, hari dibangkitkannya manusia dan hari perhitungan amal manusia merupakan wilayah kajian eskatologi. Eskatologi merupakan suatu prinsip keimanan dalam islam. Isu mengenai permasalahan eskatologi merupakan isu yang banyak diperbincangkan dalam Al-Qur’an. Keimanan terhadap islam di pertanyakan jika tidak meyakini prinsip ini. Dengan demikian prinsip ini menjadi sebuah diskursus yang sangat panjang di dalam Islam. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penafsiran Bint Syathi mengenai ayat-ayat eskatologi dan memberikan gambaran yang jelas kepada umat manusia mengenai permasalahan ini agar tidak muncul keragu-raguan akan datangnya hari akhir yang sifatnya mustaqbal dan belum terjadi. Untuk mencapai tujuan tersebut yakni dengan menganalisis ayat-ayat Al-Qur’an dalam tafsir karya mufassir perempuan kotemporer yakni Aisyah Abdurrahman. Metode yang digunakan dalam penelitian inipenulis menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan mengamati, memahami serta mendeskripsikan suatu kejadian dengan analisis secara utuh, dalam hal ini dengan menganalisis ayat-ayat yang terdapat pada surat yang terpilih dalam juz 30 dalam tafsir Al-Bayan lil Al-Qur’an al-Karim pada jilid pertama. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kosep hari akhir dalam surat al-Zalzalah, al-Adiyat dan al-Naziat menurut Bint Syathi adalah hari akhir itu bersifat talqaiyah (spontanitas) tidak ada yang mengetahui kapan waktu kejadiannya. Dalam menafsirkan ayat-ayat hari akhir setiap ayat yang terdiri dari fiil madi majhul (tidak diketahui pelakunya) maka failnya telah dimaklumi adalah Allah. Inti dari informasi itu adalah menunjukan suatu hal untuk memalingkan perhatian agar perhatiannya tertuju pada hari itu. Hari akhir, hari dibagkitkan dan hari perhitungan segala perbuatan manusia dalam tafsir ini digambarkan secara nyata dikupas digali, dikaji seakan akan gambaran hari akhir itu terasa nyata. Sehingga ayat-ayat eskatologi menjadi signifikan untuk masa kini agar manusia dapat mengambil ibrah dalam ayat-ayat ini juga mempersiapkan amal untuk kehidupan yang akan datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Eskatologi; Hari Akhir; Bint Syathi
Subjects: Islam > Eschatology in Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Nia Sukmawati
Date Deposited: 31 Jan 2022 03:15
Last Modified: 31 Jan 2022 03:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48533

Actions (login required)

View Item View Item