Pengembangan media permainan Truth or Dare pada materi hidrokarbon

Kurmatillah, Laeli (2021) Pengembangan media permainan Truth or Dare pada materi hidrokarbon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran Truth or Dare merupakan suatu permainan yang dapat merangsang siswa untuk berperan aktif sehingga dapat dijadikan sebagai solusi pembelajaran pada materi hidrokarbon. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan media permainan Truth or Dare pada materi hidrokarbon dan menganalisis hasil uji validasi serta hasil uji coba terbatas media. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Design Based Research (DBR). Tahapan penelitian terdiri atas analisis masalah, perancangan media, dan pengembangan desain. Media divalidasi oleh tiga orang validator dan diuji coba terbatas melalui 14 responden. Media Truth or Dare yang dihasilkan merupakan media kartu yang di dalamnya terdapat pertanyaan-pertanyaan pilihan dan tantangan. Hasil uji validasi secara keseluruhan menghasilkan nilai rhitung 0,836 dan dinyatakan valid. Sedangkan, hasil uji coba terbatas berdasarkan tanggapan dari 14 orang siswa menunjukkan tanggapan rata-rata persentase sebesar 88%. Dengan demikian, media permainan Truth or Dare layak untuk digunakan sebagai solusi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hidrokarbon; Media Permainan; Truth or Dare
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Laeli Kurmatillah
Date Deposited: 02 Feb 2022 00:40
Last Modified: 02 Feb 2022 01:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/48541

Actions (login required)

View Item View Item