Sistem informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online dan hubungannya dengan layanan administrasi kesiswaan : Penelitian di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Cikarang

Wiyandhita, Ananda Nabila (2021) Sistem informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online dan hubungannya dengan layanan administrasi kesiswaan : Penelitian di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Cikarang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi informasi, dan komunikasi telah melahirkan perkembangan pada setiap bidang ilmu pengetahuan, tidak terkecuali di bidang pendidikan. Pada sistem konvensional proses pelaksanaan PPDB kurang efektif dan efisien maka Pemerintah Kabupaten/Kota dalam mewujudkan sistem pendidikan yang berkualitas dan mudah diakses dengan menerapkan pelaksanaan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online, agar memudahkan pelanggang sekolah khususnya orang tua/wali siswa untuk mendaftarkan sekolah, mendapatkan informasi dengan mudah, dan validitas data siswa terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Sistem informasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) online di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Cikarang, 2) Layanan Administrasi Kesiswaan di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Cikarang, 3) Hubungan sistem informasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) online dengan layanan administrasi kesiswaan di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Cikarang. Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis korelasional. Teknik pengambilan data dengan melakukan penyebaran angket/kuesioner kepada orang tua siswa sebanyak 88 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji instrument (Validitas dan Reabilitas), Uji analisis parsial per indikator, uji prasyarat (Uji Normalitas dan linearitas) serta uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa: 1) sistem informasi PPDB Online secara keseluruhan angket diperoleh nilai 3,4 nilai tersebut berada pada interval 2,6-3,5 dengan demikian sistem informasi PPDB Online tergolong kategori sedang. 2) layanan administrasi kesiswaan termasuk dalam kategori tinggi karena secara keseluruhan mendapat hasil 3,6 yang berada pada interval 3,6-4,5. 3) hubungan sistem informasi PPDB online dengan layanan administrasi kesiswaan berada pada kategori sedang dengan kefesien korelasi 0,574 berada pada interval 0,40-0,59. Dengan nilai signifikan 0,000<0,05 maka terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel X dan variabel Y. Serta memperoleh nilai koefesien determinasi 32,9% yang berarti 67,1% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi; PPDB Online; Layanan Administrasi Kesiswaan.
Subjects: General Management
General Management > Information Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ananda nabila wiyandhita
Date Deposited: 03 Feb 2022 06:31
Last Modified: 03 Feb 2022 06:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/48543

Actions (login required)

View Item View Item