Rabbania, Nadia (2021) Analisis nilai-nilai pendidikan akidah dalam buku Muhammad Al-Fatih 1453 karya Felix Y Siauw. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (cover)
1_cover.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf Download (318kB) | Preview |
|
Text (bab 2)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) | Request a copy |
||
Text (bab 3)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
||
Text (bab 4)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) | Request a copy |
||
Text (bab 5)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
||
Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang nilai pendidikan akidah yang terdapat dalam buku Muhammad Al-Fatih 1453 karya Felix Siauw serta relevansinya terhadap pendidikan akidah di MI. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya pendidikan akidah pada anak MI yang merupakan pengetahuan dasar atau fondasi dari lingkup pendidikan agama Islam. Dengan dibentuknya pendidikan akidah yang kuat pada peserta didik, maka peserta didik akan mampu bertahan pada keyakinannya meskipun dalam kondisi dan zaman yang dapat memmengaruhinya seperti yang terjadi dalam buku novel Muhammad Al-Fatih. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akidah yang terkandung dalam buku novel Muhammad Al-Fatih 1453 dan mendeskripsikan relevansinya terhadap pendidikan akidah di MI. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research. Untuk teknik pengumpulan data yang dipakai adalah teknik dokumensi yaitu: membaca dan mencatat. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Pendidikan akidah dalam novel dibagi menjadi lima bagian yaitu rukun iman dan untuk iman kepada Allah dibagi kembali menjadi enam bagian. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan relevansi antara pembelajaran akidah di MI dengan isi novel Muhammad Al-Fatih 1453 karena didalam novel Muhammad Al-Fatih terdapat beberapa bagian cerita yang menunjukkan tentang keimanan seorang muslim kepada Allah, Rasul, Malaikat, Kitab, Takdir, dan juga hari akhir. Dari poin keimanan tersebut dapat kita ketahui bahwa novel Muhammad Al-Fatih memiliki relevansi dari segi isi dengan pembelajaran akidah di MI karena mencakup beberapa pembahasan tentang rukun iman.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Muhammad Al-Fatih 1453; Nilai Pendidikan Akidah; dan Novel |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nadia Rabbania |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 03:12 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 03:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/48586 |
Actions (login required)
View Item |