Strategi Media Relations Bagian Humas sebagai Upaya Mempertahankan Citra Positif Pemerintah Kabupaten Bandung (Analisis Deskriptif di Humas Sekretariat Kabupaten Bandung)

Irman Sunjaya Prastyo, Irman (2016) Strategi Media Relations Bagian Humas sebagai Upaya Mempertahankan Citra Positif Pemerintah Kabupaten Bandung (Analisis Deskriptif di Humas Sekretariat Kabupaten Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)

Abstract

Optimalisasi publisitas suatu perusahaan tidak terlepas dari kegiatan Media Relations yang dilakukan dengan tahapan yang baik. Media relations merupakan hubungan perusahaan dengan semua bentuk media massa baik media cetak, media elektronik dalam hal publikasi instansi atau perusahaan. Ketika melakukan kegiatan media relations, hubungan baik yang terbangun antara Praktisi Humas dengan media massa bukanlah tujuan utama Tujuan mendasar diadakannya media relations adalah menciptakan pengetahuan dan pemahaman. Kata menciptakan pengetahuan dan pemahaman harus digarisbawahi karena menunjukkan media relations bukan semata-mata untuk menyebarkan suatu pesan sesuai dengan keinginan perusahaan atau instansi demi mendapatkan suatu citra di mata publik. kegiatan media relations ini adalah terciptanya kepercayaan dalam diri masyarakat (stakeholder) terhadap perusahaan atau instansi tersebut. Maka baik atau buruknya humas akan diukur dari kejujuran dan kenetralannya dalam memberikan informasi kepada masyarakat melalui media. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui perencanaan media relations pada bagian Humas Sekda Kabupaten Bandung, Mengetahui tata hubungan interpersonal bagian Humas Sekda Kabupaten Bandung, dan Mengetahui Implementasi media relations bagian Humas Sekda Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, karena agar dapat memaparkan dengan jelas masalah tidak terbatas hanya sampai pada pengumpulan dan penyusunan data, tetapi meliputi analisa dan interpretasi tentang arti data itu. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : perencanaan media relations pada bagian Humas Sekda Kabupaten Bandung adalah Menganalisis Lingkungan Internal, dan Menganalisis Perencanaan Eksternal. Tata hubungan interpersonal Humas Sekda Kabupaten Bandung adalah dalam berhubungan baik praktisi humas dengan medi atau wartawan saling membuka diri untuk menimbulkan kepercayaan diantara keduanya, melihat segmentasi hubungan yang dilakukan yaitu aspek profesional dan aspek personal, memahami karakteristik penulisan setiap media atau wartawan, dan memahami bagaimana surat kabar dan majalah itu dibuat dan diterbitkan, serta bagaimana memproduksi program-program siaran radio dan televisi. Implementasi media relations bagian Humas Sekda Kabupaten Bandung adalah dengan mengirim Press Release, mengadakan Konferensi pers, mengadakan jumpa pers rutin, dan mengadakan Press Tour, serta melakukan pengembangan strategi dan mengembangkan jaringan. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Humas Sekda Kabupaten Bandung telah melakukan strategi media relations untuk menginformasikan kebijakan atau program pemerintah. Strategi tersebut ditujukan untuk mempertahankan citra positif Pemerintah Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Relations, Humas, Citra Positif, Bandung
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sopia Respiawati
Date Deposited: 20 Nov 2017 03:36
Last Modified: 20 Nov 2017 03:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4861

Actions (login required)

View Item View Item