Hubungan antara perilaku inovatif kepala tata usaha dengan layanan administratif : Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri di Kota Bogor

Umami, Muhamad Risal (2021) Hubungan antara perilaku inovatif kepala tata usaha dengan layanan administratif : Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri di Kota Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)

Abstract

Administrasi pendidikan merupakan penerapan proses dan prinsip administrasi dalam bidang pendidikan agar ujuan-tujuan lemabaga pendidikan tersebut dapat dicapai secara efektif dan efisien. Tata usaha madrasah adalah salah satu yang menjadi pelaksana teknis pada bagian administrasi dan informasi pendidikan di madrasah. Beberapa peneliti sebelumnya mengatakan bahwa pelayanan yang baik dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala tata usaha dan komunikasinya terhadap staf tata usaha dan selalu melakukan inovasi. Oleh karena itu penelitian ini perlu dilakukan bertujuan tuntuk mengetahui: 1) Perilaku inovatif kepala tata usaha di MAN se-Kota Bogor. 2) Pelayanan Administrasi di MAN se-Kota Bogor. 3) Hubungan perilaku inovatif kepala tata usaha dengan layanan administatif di MAN se-Kota Bogor. Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis korelasi. Teknik pengambilan data yang dilakukan adalah menggunakan angket kueisioner. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji instrumen (validitas dan reabilitas), uji analisis parsial perindikator, uji prasyarat (uji normalitas dan linieritas), dan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa perilaku inovatif kepala tata usaha dengan layanan administratif memiliki korelasi dengan nilai signifikansi 0,006<0,05. Kemudian berdasarkan hasil perhitungan analisis koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,400. Terdapat pada tingkat kekuatan yang sedang, karena terdapat pada katagori 0,40 – 0,599. Adapun jenis hubungan variabel perilaku inovatif kepala tata usaha dengan layanan administratif mengarah kepada sifat positif dengan melihat angka pearson correlation yaitu 0,400 dengan tidak memiliki tanda (-) diangka tersebut, sehingga hubungan kedua variabel tersebut searah dan memiliki arti bahwa semakin tinggi inovasi kepala tata usaha maka semakin tinggi pula pelayanan administrasinya. Kemudian diperoleh koefisiensi determinasi (R square) sebesar 0,160 bermakna bahwa kontribusi variabel perilaku inovatif kepala tata usaha terhadap layanan administatif adalah 16%. Saran dari penulis adalah menggunakan google formulir untuk absensi, sehingga guru bisa melakukan absensi di rumah masing-masing. Dikarnakan kondisi saat ini sedang pandemi, sehingga guru tidak diwajibkan untuk datang ke sekolah bila tidak ada jam mengajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inovasi;Tata Usaha;Administratif
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhamad Risal Umami
Date Deposited: 04 Feb 2022 08:07
Last Modified: 04 Feb 2022 08:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48650

Actions (login required)

View Item View Item