Pengembangan modul digital berbasis Problem Based Learning Reading Questioning and Answering (PBLRQA) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi alat optik

Romadhona, Ruby Noorshifa (2021) Pengembangan modul digital berbasis Problem Based Learning Reading Questioning and Answering (PBLRQA) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi alat optik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media dan mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis terhadap modul digital berbasis problem based learning reading questioning and answering (PBLRQA) sebagai media pembelajaran pada materi alat optik. Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan metode ADDIE ((Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch (Sugiyono, 2016). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XII MIPA MA Negeri 2 Karawang dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi media, tes uraian keterampilan berpikir kritis, dan lembar kerja peserta didik. Teknik analisis yang dilakukan adalah perhitungan skor lembar validasi media, perolehan skor lembar kerja peserta didik, N-Gain, dan uji t paired sampel test. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa (1) Modul digital berbasis PBLRQA dikategorikan layak/baik digunakan sebagai media pembelajaran pada materi alat optik dengan persentase sebesar 80%, (2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan modul digital berbasis PBLRQA untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi alat optik dikategorikan efektif dengan persentase yang diperoleh sebesar 76%, dan (3) Penggunaan modul digital berbasis PBLRQA dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi alat optik dikategorikan sebagai peningkatan rata-rata sedang berdasarkan analisis N-gain dengan skor rata-rata 0,69 dan nilai signifikasi yang digunakan adalah 5% dengan nilai tabel sebsear 2,09 dengan perolehan nilai thitung sebesar 43,72 sehingga thitung > ttabel artinya Ho ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang signifikan setelah menggunakan moodul digital berbasis problem based learning reading questioning and answering (PBLRQA).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Modul digital; problem based learning reading questioning and answering (PBLRQA); PBLRQA; keterampilan berpikir kritis, alat optik
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Applied Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ruby Noorshifa Romadhona
Date Deposited: 08 Feb 2022 00:56
Last Modified: 08 Feb 2022 00:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48676

Actions (login required)

View Item View Item