Komunikasi antarpribadi dalam menunjang efektivitas kerja wartawan : Studi deskriptif komunikasi antarpribadi wartawan dan redaktur Tribun Jabar

Septiana, Shania (2021) Komunikasi antarpribadi dalam menunjang efektivitas kerja wartawan : Studi deskriptif komunikasi antarpribadi wartawan dan redaktur Tribun Jabar. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text
1_covr.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text
daftar 8_pustaka (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy

Abstract

Pada era global dengan kecanggihan teknologi saat ini, pembahasan manusia dilingkup pekerjaan sangat penting. Persaingan yang ketat dalam bidang kerja, membuat seseorang menjadi lebih waspada dalam bersikap. Salah satu cara untuk membangun kepercayaan adalah dengan menjalin komunikasi antar pribadi yang merupakan spesialisasi komunikasi yang dinilai cukup efektif, hal tersebut dinilai mampu meningkatkan efektivitas kerja. Agar peneliti tahu bagaimana peran komunikasi antar pribadi yang berjalan dan berlangsung antara wartawan dan redaktur di Tribun Jabar. Maka, penelitian ini menjadi penting karena belum ditemukan penelitian sebelumnya yang membahas mengenai komunikasi antar pribadi wartawan dan redaktur. Terdapat lima tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas kerja wartawan diantaranya: keterbukaan, empati,sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan antara wartawan dan redaktur dalam menunjang efektivitas kerja wartawan. Pendekatan yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian ini yakni kualitatif dengan metode deskriptif, mewawancari tiga wartawan dan dua redaktur Tribun Jabar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunaka teori penetrasi sosial Irwin Altman dan Dalmas Taylor. Teori penetrasi sosal merujuk pada sebuah proses ikatan hubungan di mana individu-individu bergerak dari komunikasi superfisial menuju ke komunikasi yang lebih intim. Teori penetrasi sosial memfokuskan diri pada pengembangan hubungan, terutama berkaitan dengan perilaku interpersonal yang ada dalam interaksi sosial dan proses-proses kognitif internal yang mendahului, menyertai, dan mengikuti pembentukan hubungan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa komunikasi antar pribadi wartawan dan redaktur Tribun Jabar terjalin dengan baik dan intens setiap harinya. Terjalinnya komunikasi antar pribadi wartawan dan redaktur maka, timbul efektivitas kerja wartawan. Komunikasi antar pribadi menjadi hubungan yang positif dalam efektivitas kerja sehingga menciptakan sistem kerja yang sehat dan produktif antara wartawan dan redaktur. Redaktur dan wartawan selalu terbuka antara satu dengan yang lainnya dalam hal pekerjaan, maka timbul lah empati untuk mempermudah pekerjaan. Sikap mendukung berperan dalam menumbuhkan motivasi dan kegairahan kerja karyawan, kemudian sikap positif hadir, dengan saling menghargai sehingga timbul kesetaraan antara wartawan dan redaktur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antar Pribadi; Efektivitas; Penetrasi Soaial; Wartawan; Redaktur
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Shania Septiana
Date Deposited: 04 Feb 2022 04:11
Last Modified: 04 Feb 2022 04:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48694

Actions (login required)

View Item View Item