Pengaruh berbagai jenis pupuk kandang dan konsentrasi ekstrak silika sekam padi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis (Zea Mays Saccharata Sturt)

Sopyani, Hazna Tania (2021) Pengaruh berbagai jenis pupuk kandang dan konsentrasi ekstrak silika sekam padi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis (Zea Mays Saccharata Sturt). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy

Abstract

Jagung manis merupakan komoditas yang banyak digemari dan dalam produksinya kerap mengalami fluktuasi dari tahun ke tahun. Salah satu faktor pembatas pertumbuhan jagung manis adalah ketersediaan unsur hara. Pemberian jenis pupuk kandang yang sesuai dan konsentrasi ekstrak silika sekam padi yang tepat diharapkan dapat meningkatakan pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara jenis pupuk kandang dan konsentrasi ekstrak silika sekam padi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis serta mengetahui jenis pupuk kandang dan konsentrasi ekstrak silika sekam padi yang paling optimal untuk pertumbuhan dan hasil jagung manis. Penelitian ini dilakukan pada Juni – Agustus 2021. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) 2 faktor. Faktor pertama yaitu jenis pupuk kandang (pupuk kandang ayam, kambing, dan sapi sebanyak 20 t ha⁻¹) dan faktor kedua adalah konsentrasi ekstrak silika sekam padi (10 ml L⁻¹, 20 ml L⁻¹, dan 30 ml L⁻¹) sehingga terdapat 16 perlakuan dengan masing - masing 3 ulangan. Berdasarkan penelitian ini terdapat interaksi pada panjang tongkol tanpa kelobot. Terdapat juga pengaruh mandiri jenis pupuk kandang terhadap parameter tinggi tanaman, luas daun, diameter tongkol tanpa kelobot, bobot basah tongkol dengan kelobot, bobot basah tongkol tanpa kelobot, kemanisan, dan indeks panen. Pengaruh mandiri konsentrasi ekstrak silika sekam padi terdapat pada parameter luas daun, bobot basah tongkol dengan kelobot, bobot basah tongkol tanpa kelobot, kemanisan, dan indeks panen. Aplikasi pupuk kandang ayam 20 t ha⁻¹ serta konsentrasi ekstrak silika sekam padi 20 ml L⁻¹ berpotensi meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pupuk kandang; Ekstrak silika sekam padi; Jagung manis
Subjects: Farm, Farming
Farm, Farming > Education, Research, Related Topics of Agriculture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Hasna Tania Sopyani
Date Deposited: 07 Feb 2022 02:46
Last Modified: 07 Feb 2022 02:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48734

Actions (login required)

View Item View Item