Pengaruh kompetensi manajerial Kepala Madrasah terhadap kompetensi profesional guru : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Bekasi

Rianto, Helmi Zufar (2021) Pengaruh kompetensi manajerial Kepala Madrasah terhadap kompetensi profesional guru : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy

Abstract

Kepala madrasah sebagai salah satu faktor yang dapat meningkatkan profesionalisme guru karena kemampuan manajerial kepala madrasah merupakan faktor penting dan strategis dalam kerangka peningkatan kualitas guru dan kemajuan madrasah yang dipimpinnya. Dengan kemampuan manajerial, baik kemampuan teknik, kemampuan hubungan kemanusian, maupun kemampuan konseptual yang memadai maka kepala madrasah mampu menggerakkan seluruh potensi madrasah termasuk dapat memacu peningkatan kompetensi profesional para guru di madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Bekasi. 2) Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Bekasi. 3) Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah terhadap Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Bekasi. Penelitian ini bersifat deskriptif verifikatif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pembuktian pengujian hipotesis dari hasil penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah menggunakan angket kuisioner. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini ialah uji instrumen (Validitas dan Reabilitas), uji analisis parsial perindikator, uji prasyarat (normalitas dan linieritas), dan uji regresi linier sederhana (uji regresi linier dan koefisien determinasi). Berdasarkan hasil pengujian secara statistik, bahwa terdapar pengaruh yang signifikan mengenai Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah terhadap Kompetensi Profesional Guru. Hasil dari perhitungan yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata yaitu sebesar 2,75. Nilai 2,75 tersebut masuk kedalam kategori sedang atau cukup, karena nilai tersebut berada pada rentang 2,60 – 3,39. oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah di ruang lingkup Kabupaten Bekasi dikategorikan Sedang atau Cukup. Sedangkan mengenai Kompetensi Profesional guru diperoleh nilai rata-rata yaitu sebesar 3,10. nilai 3,10 tersebut masuk kedalam kategori sedang atau cukup, karena nilai tersebut berada pada rentang 2,60 – 3,39. oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Kompetensi Profesional Guru di ruang lingkup Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Bekasi dikategorikan Sedang atau Cukup. Adapun mengenai pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah terhadap Kompetensi Profesional Guru terdapat pengaruh sebesar 47,3%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini seperti keterampilan konseptual, keterampilan hubungan kemanusiaan dan keterampilan teknis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi; Manajerial Kepala Madrasah; Profesional Guru
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education > Organization of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Helmi Zufar Rianto
Date Deposited: 09 Feb 2022 02:52
Last Modified: 09 Feb 2022 02:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/48871

Actions (login required)

View Item View Item