Strategi Public Relations Meningkatkan Citra Perusahaan PT. Bio Farma (Persero) (Studi Kasus Penggunaan Media Sosial sebagai strategi meningkatkan citra perusahaan PT Bio Farma (Persero) Jl. Pasteur No. 28 Bandung)

Silvia Zakiah Itsnaini, Silvia (2016) Strategi Public Relations Meningkatkan Citra Perusahaan PT. Bio Farma (Persero) (Studi Kasus Penggunaan Media Sosial sebagai strategi meningkatkan citra perusahaan PT Bio Farma (Persero) Jl. Pasteur No. 28 Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Media sosial saat ini memang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan sebagai media komunikasi online, demikian pula dengan Bio Farma. Informasi yang disajikan sesuai dengan apa yang menjadi tujuan penggunaan media sosial itu tersebut. Praktisi Public Relations PT. Bio Farma (Persero) memanfaatkan media sosial Facebook, Twitter, dan Instagram sebagai salah satu sarana penyampaian informasi yang berkaitan dengan informasi tentang perusahaan sebagai strategi meningkatkan citra perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi four step Public Relations yang dilakukan oleh praktisi Public Relations PT Bio Farma (Persero) dalam pengelolaan media sosial sebagai upaya untuk meningkatkan citra perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis langkah-langkah strategi yang dilakukan oleh praktisi Public Relations PT Bio Farma (Persero) yang mengelola dua media sosial yang memiliki karakteristik dan segmentasi yang berbeda. Penelitian ini menggunakan konsep atau landasan teori strategi Public Relations menurut Cutlip dan Center yang dikenal dengan strategi four step Public Relations yaitu mendefinisikan masalah, merencanakan dan memprogramkan, melakukan aksi dan mengkomunikasikannya, dan melakukan evaluasi program. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penilitian ini adalah dengan melakukan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktisi Public Relations PT Bio Farma melakukan strategi four step Public Relations secara sistematis dan tersusun dengan rapih. Pertama, melakukan identifikasi masalah yang terjadi berkaitan dengan respon masyarakat tentang penilaian citra perusahaan melalui media sosial. Kedua, melakukan perencanaan yang sesuai dengan masalah yang ditemukan pada identifikasi masalah dengan melakukan perumusan konten informasi demi tercapainya tujuan. Ketiga, melakukan aksi dan mengkomunikasikannya dengan cara melaksanakan setiap rumusan rencana yang disusun. Keempat, melakukan evaluasi program dengan cara mengevaluasi report konten yang ada di media sosial, kemudian menentukan waktu pelaksanaan evaluasi agar evaluasi dilakukan secara teratur. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa praktisi Public Relations PT Bio Farma (Persero) melakukan langkah-langkah strategi Public Relations dengan baik dalam penggunaan media sosial untuk membantu dalam upaya meningkatkan citra yang baik, yaitu untuk menciptakan public understanding, public confidence, public support dan public cooperation. Kata Kunci : Strategi, Public Relations, Citra.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Citra Perusahaan, PT. Bio Farma, Media Sosial, Bandung
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sopia Respiawati
Date Deposited: 21 Nov 2017 03:12
Last Modified: 21 Nov 2017 03:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4890

Actions (login required)

View Item View Item