Pengaruh Total Asset Turn Over dan Debt to Total Assets Ratio terhadap Gross Profit Margin pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. Alam Sutera Realty Tbk. periode 2010-2019

Setiadi, Aldi (2021) Pengaruh Total Asset Turn Over dan Debt to Total Assets Ratio terhadap Gross Profit Margin pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. Alam Sutera Realty Tbk. periode 2010-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketidakstabilan antara Total Asset Turn Over dan Debt to Total Asset Ratio terhadap Gross Profit Margin pada PT. Alam Sutera Realty Tbk. Perusahaan dituntut lebih produktif dalam kinerja dan mampu menjalankan aktivitas perusahaan secara efektif dan efisien. Hal ini bertujuan agar perusahaaan mampu berkembang dan bertahan dalam persaingan yang semakin ketat dan mampu meningkatkan profitabilitas. Salah satu alat ukur yang digunakan yaitu Gross Profit Margin. Faktor yang dapat mempengaruhi tinggi dan rendahnya Gross Profit Margin di antaranya adalah variabel Total Asset Turn Over dan Debt To Total Assets Ratio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Total Asset Turn Over secara parsial terhadap Gross Profit Margin, pengaruh Debt To Total Assets Ratio secara parsial terhadap Gross Profit Margin dan pengaruh Total Asset Turn Over dan Debt To Total Assets Ratio secara simultan terhadap Gross Profit Margin pada PT. Alam Sutera Realty Tbk. Kerangka berpikir dalam penelitian ini adalah apabila antara Total Asset Turn Over dan Debt to Total Asset Ratio mengalami peningkatan maka Gross Profit Margin pun akan naik begitupula sebaliknya. Karena Total Asset Turn Over dan Debt to Total Asset Ratio termasuk dalam faktor yang mempengaruhi Gross Profit Margin. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini, data yang digunakan merupakan data sekunder periode tahun 2010-2019 dari laporan keuangan yang dipublikasikan di website resmi https://alamsuterarealty.co.id/. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dan regresi berganda, korelasi, koefisien determinasi serta pengujian hipotesis menggunakan uji signifikansi parsial (uji t) dan uji simultan (uji F). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Total Asset Turn Over terbukti bernilai negatif dan tidak terdapat pengaruh signifikan secara parsial terhadap Gross Profit Margin sebesar 10.37%, dan sisanya sebesar 89.63% dipengaruhi oleh variabel yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Debt To Total Assets Ratio terbukti bernilai positif dan tidak terdapat pengaruh signifikan secara parsial terhadap Gross Profit Margin sebesar 3.16%, sisanya 96.84% dipengaruhi oleh vaiabel yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Total Asset Turn Over dan Debt To Total Assets Ratio terbukti tidak terdapat pengaruh signifikan secara simultan terhadap Gross Profit Margin sebesar 12.88% sedangkan sisanya sebesar 87.12% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diikut sertakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Total Asset Turn Over; Debt to Total Assets Ratio; Gross Profit Margin;
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Aldi Setiadi
Date Deposited: 11 Feb 2022 07:27
Last Modified: 11 Feb 2022 07:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48973

Actions (login required)

View Item View Item