Anwar, Haerul (2021) Manajemen pesan dakwah Islam dalam program televisi Muslim Travelers Net: Analisis deskriptif manajemen pesan dalam program televisi Muslim Travelers Net pada episode Makanan Halal di Korea Selatan dan episode Kisah Anggota Parlemen Pertama di Milan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (600kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (916kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
Abstract
Dakwah Islam merupakan sebuah urgensi bagi umat Islam, dengan demikian perlu adanya langkah konkrit yang dilakukan agar pesan dakwah dapat diterima secara mudah, teknologi semakin hari semakin canggih pasalnya ini terlihat dari banyaknya media masa bermunculan. Salah satu diantaranya televisi yang berfungsi sebagai media penyampai informasi dan mempunyai daya cukup luas, artinya dengan kelebihan tersebut tak jarang dikalangan masyarakat untuk mendapatkan informasi lebih memilih televisi, karena informasi yang disampaikan oleh televisi berbentuk audio visual. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui upaya pesan dakwah yang dilakukan dalam siaran televisi. penelitian dilakukan untuk dapat memaparkan pesan dakwah dari program televisi Muslim Travelers NET yang dalam programnya tersusun secara struktural dari tema dan skema, akhirnya dikembangkan pada fokus penelitian mengenai konsep pesan dakwah, penerapan pesan dakwah dan juga evaluasi pesan dakwah. Melalui media televisi bisa menjadi sebuah referensi yang menopang penyebaran nilai-nilai Islam. kemudian peneliti ini menggunakan teori Hirarki Pengaruh Isi Media yang ditemukan oleh Shoemaker dan Stephen D. Reese juga menggunakan pula teori manajamen menurut Ricky W Griffin. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif hirarki pengaruh isi pesan media Shoemaker dan Stephen D.Reese dengan teori ini kita dapat memahami pengaruh isi pemberitaan media oleh faktor internal dan eksternal yang dibagi kedalam lima tingkatan, pengaruh individu pekerja media (individual level), pengaruh rutinitas media (media routines level), pengaruh organisasi media (organizational level), pengaruh luar media (outside media level) dan pengaruh luar media (outside media level). Juga analisi menggunakan teori manajemen POAC yakni: Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling.pendekatan kualitatif dirasa tepat karena hasil dokumen dipadukan dengan data hasil wawancara bersama produser. Hasil penelitian pada 2 episode program televisi Muslim Travelers NET yang telah dipilih peniliti memilki dakwah yang diklasifikasikan menjadi 3 katagori yaitu: Pertama, Pesan Aqidah dalam arti tumbuhnya rasa bersyukur atas nikmatnya, Kedua, Pesan Syariah dengan mengadakan kegiatan belajar mengaji untuk anak-anak, membuat komunitas muslim, membuat fasilitas berbentuk aplikasi makanan halal, Ketiga, Pesan Akhlak adanya toleransi terhadapnon-muslim.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Televisi; Pesan Dakwah; Dakwah di televisi |
Subjects: | Islam Islam > Da'wah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Haerul Anwar |
Date Deposited: | 11 Feb 2022 06:40 |
Last Modified: | 11 Feb 2022 06:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/48980 |
Actions (login required)
View Item |