Pengaruh Akses Berita Online terhadap Keterampilan Mahasiswa dalam Menulis Berita (Penelitian Deskriptif Kuantitatif terhadap Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Bidang Ilmu Jurnalistik Angkatan 2013 UIN Sunan Gunung Djati Bandung)

Agung Prawiranegara, Agung (2015) Pengaruh Akses Berita Online terhadap Keterampilan Mahasiswa dalam Menulis Berita (Penelitian Deskriptif Kuantitatif terhadap Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Bidang Ilmu Jurnalistik Angkatan 2013 UIN Sunan Gunung Djati Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (775kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (BAB V)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)

Abstract

Media dianggap berperan penting dalam membentuk sikap dan prilaku khalayak, termasuk para mahasiswa. Ketergantungan manusia akan informasi yang diperoleh dari media akan memberikan efek yang positif maupun negatif bagi dirinya. Media online merupakan salah satu kekuatan sosial yang paling penting dalam kalangan mahasiswa. Media ini mempunyai kelebihan dalam hal memahami kebutuhan mahasiswa, terutama sebagai referensi mahasiswa dalam perkuliahan. Media online menjadi sumber penting mahasiswa untuk mencari referensi ataupun untuk mengasah kemampuan menulisnya. Keterampilan mahasiswa tidak terlepas dari pentingnya mencari sumber sebagai acuan atau sebagai contoh untuk dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa intensif penggunaan media online pada mahasiswa, untuk memahami proses pembelajaran keterampilan menulis berita dengan media online dikalangan mahasiswa angkatan 2013, untuk mengetahui pengaruh membaca berita pada media Online terhadap keterampilan mahasiswa dalam menulis berita Penelitian ini menggunakan tiga teori, yang pertama teori S-O-R (stimulus-organism-response). Stimulus atau pesan yang disampaikan kepada komunikan mungkin diterima atau mungkin ditolak. Penelitian ini juga mengacu pada teori Operant Conditioning (pengkondisian operan). Ini mengungkapkan bahwa tingkah laku bukanlah sekedar respon terhadap stimulus, tetapi suatu tindakan yang disengaja, maka perilaku tersebut akan cenderung diulang. Dan mengacu pada teori kognitif sosial (social cognitif theory) yang dikemukakan oleh Albert Bandura. Perilaku, orang, dan lingkungan saling mempengaruhi secara konstan. Perilaku bukanlah sesederhana hasil dari lingkungan dan orang, sebagaimana lingkungan pun tidak sesederhana hasil perilaku dan orang. Peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif, karena penelitian yang diteliti merupakan fenomena yang terjadi pada saat penelitian dilakukan, serta untuk menganalisis data dilakukan dengan analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Jurnalistik angkatan 2013 UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebanyak 4 kelas yang total mahasiswanya sebanyak 153 orang, dan sample 35 orang. Berdasarkan hasil penelitian, terhadap keterampilan mahasiswa dalam menulis berita, menunjukkan bahwa mahasiswa berada pada kriteria tinggi dalam mengakses media online. Semakin intensif mengakses berita online, menjadikan sumber penting mahasiswa dalam proses pembelajaran menulis berita. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pengaruh akses berita online terhadap keterampilan mahasiswa dalam menulis berita pada mahasiswa, dengan besar pengaruhnya sebesar 32%. Sisanya, sebesar 68% pengaruh yang ditimbulkan merupakan faktor dari luar mengakses berita online. Adapun hipotesis berdasarkan perhitungan yang diperoleh, nilai thitung = 6,07 dan nilai ttabel untuk dk=33 berdasarkan ttabel adalah 1,052, maka thitung = 6,07 > ttabel = 1,052. Berdasakan ketentuan hipotesis tersebut, terdapat pengaruh akses berita online terhadap keterampilan mahasiswa dalam menulis berita. thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Hi diterima sehingga uji hipotesis pada penelitian ini menerima Hi yaitu semakin sering mengakses berita online, maka semakin terampil mahasiswa dalam menulis berita dan menolak Ho yaitu semakin jarang mahasiswa mengakses berita online, maka semakin tidak terampil mahasiswa dalam menulis berita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Berita Online, Mahasiswa, Ilmu Komunikasi, Jurnalistik, Angkatan 2013 UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Sopia Respiawati
Date Deposited: 22 Nov 2017 07:09
Last Modified: 22 Nov 2017 07:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4900

Actions (login required)

View Item View Item