Ayu Larmasari, Ayu (2014) Analisis Isi Berita Pendidikan (Penelitian pada Rubrik Pendidikan dan Kebudayaan di Harian Umum Kompas Edisi April 2014). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (410kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (823kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
Abstract
Pendidikan bagi kehidupan umat manusia merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat. Tanpa pendidikan sama sekali mustahil suatu kelompok manusia dapat hidup berkembang sejalan dengan cita-cita untuk maju, sejahtera dan bahagia menurut pandangan hidup mereka. Pendidikan merupakan salah satu bidang yang mendapat perhatian, sebab pendidikan menjadi persoalan vital bagi tiap segi kemajuan dan perkembangan manusia, dan kedudukannya dalam penentuan kebijakan nasional maupun internasional. Informasi mengenai pendidikan sangat diperlukan guna menciptakan kemajuan di bidang pendidikan juga untuk memantau berjalannya manajemen pendidikan di negara Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan objektivitas pemberitaan dalam Berita Pendidikan di Harian Umum Kompas edisi April 2014, dalam meneliti objektivitasnya menggunakan teori objektivitas Westerstahl. Dalam teori objektivitas westerstahl terdapat empat unsur yang harus dianalisis, yaitu unsur kebenaran, relevansi, netralitas, dan keseimbangan. Metode yang digunakan adalah analisis isi deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Karena tujuan pokok dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan tentang objektivitas pemberitaan di Harian Umum Kompas. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan studi kepustakaan. Pada edisi April 2014, dipilih 22 sampel berita pendidikan, dari hasil analisis ke-22 berita inilah diperoleh hasil yang mengindikasikan bahwa berita pendidikan di Harian Umum Kompas sebagian besar telah menerapkan unsur kebenaran juga unsur netralitas di dalamnya, kemudian hampir seluruh berita mempunyai relevansi dan keseimbangan yang baik. Berdasarkan temuan ini dapatdisimpulkan bahwa berita pendidikan di Harian Umum Kompas sebagian besar telah menerapkan keempat unsur objektivitas pemberitaan ditinjau dari kriteria Westerstahl.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berita, Pendidikan dan Kebudayaan, Harian Umum Kompas, 2014 |
Subjects: | Journalism and Newspapers in Indonesia Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Sopia Respiawati |
Date Deposited: | 23 Nov 2017 04:16 |
Last Modified: | 23 Nov 2017 04:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4905 |
Actions (login required)
View Item |