Aprilia, Syfa Aulia (2022) Peran orang tua dalam meningkatkan status pendidikan anaknya: Studi di masyarakat Desa Cipeundeuy Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah peran orang tua dalam pendidikan anaknya. Di dalam keluarga harus memperhatikan dengan serius perkembangan anak termasuk perkembangan moral dengan menggunakan cara metode pendidikan yang baik, kepribadian baik, dan menjadikan anak lebih bermoral. Orangtua sebagai motivator, harus memberikan motivasi terhadap anaknya, tentang perbuatan kebaikan dan larangannya. Fasiliator sebagai ilmu pengetahuan, orangtua harus memberikan fasilitas terhadap anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan orang tua dalam Pendidikan anak. Pendidikan menjadi kebutuhan manusia yang harus orang tua penuhi, yang melalui perantara anak untuk melengkapi kekurangan orang tuanya. Melalui perubahan status dari Pendidikan. Keinginan seorang anak untuk meneruskan Pendidikan ke tingkat perguruan tinggi dapat mendorong anak untuk melakukan berbagai cara tertentu untuk mencapai tujuannya. Dan hal ini berdampak memberikan motivasi pada diri seseorang, untuk membekali dirinya dalam mencapai tujuan tersebut. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori struktural fungsional Talcott Parsons yaitu A-G-I-L (Adaptation, Goal Attaiment, Integration, and Latency). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Dan teknik pegumpulan data melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dikumpulkan dilapangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Peranan orang tua dalam Pendidikan anaknya.2) faktor yang mempengaruhi peran orangtua dalam peningkatan status Pendidikan anaknya. 3) Orang tua dikatakan sukses ketika anaknya lulus dan mendapatkan gelar dari perguruan tinggi, karena itu membuktikan bahwa orang tua telah berhasil mendidik anaknya, sehingga terjadi perubahan status pendidikan dari keluarganya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Orang Tua; Pendidikan; Status |
Subjects: | Social Groups > Social Classes Educational Institutions, Schools and Their Activities > Diplomas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Syfa Aulia Aprilia |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 01:52 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 01:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/49052 |
Actions (login required)
View Item |