Zafira, Kautsar Falah (2022) Implementasi pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi gerak lurus. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (394kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik menggunakan pembelajaran science, technology, engineering, and mathematics (STEM) dan pembelajaran konvensional pada materi gerak lurus. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi-eksperimen. Sampel yang diambil dari kelas X MIPA 1 dan MIPA 2 SMAN 1 Panggarangan sebanyak 20 peserta didik di setiap kelas.kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional, dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan Pembelajaran STEM. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa lemar tes kemampuan pemecahan masalah, lembar SAS, dan LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase keterlaksanaan pembelajaran STEM 74% dengan interpretasi efektif dan pembelajaran konvensional sebesar 66% dengan interpretasi kurang efektif. Data rata-rata N- Gain kelas eksperimen 0,69 interpretasi sedang dan kelas kontrol 0,35 interpretasi sedang. Hasil dari uji t yaitu thitung (-7,4862) lebih kecil dari −ttabel( -2,0244) dan thitung (-7,4862) lebih kecil dari ttabel (2,0244), sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan pembelajaran STEM dan Pembelajaran Konvensional pada materi gerak lurus di kelas X MIPA.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran STEM; Pembelajaran Konvensional; Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | Science and Religion Physics Physics > Data Processing and Analysis of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Kautsar Falah Zafira |
Date Deposited: | 16 Feb 2022 01:09 |
Last Modified: | 16 Feb 2022 01:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/49057 |
Actions (login required)
View Item |