Implementasi pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi gerak lurus

Zafira, Kautsar Falah (2022) Implementasi pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi gerak lurus. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik menggunakan pembelajaran science, technology, engineering, and mathematics (STEM) dan pembelajaran konvensional pada materi gerak lurus. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi-eksperimen. Sampel yang diambil dari kelas X MIPA 1 dan MIPA 2 SMAN 1 Panggarangan sebanyak 20 peserta didik di setiap kelas.kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional, dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan Pembelajaran STEM. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa lemar tes kemampuan pemecahan masalah, lembar SAS, dan LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase keterlaksanaan pembelajaran STEM 74% dengan interpretasi efektif dan pembelajaran konvensional sebesar 66% dengan interpretasi kurang efektif. Data rata-rata N- Gain kelas eksperimen 0,69 interpretasi sedang dan kelas kontrol 0,35 interpretasi sedang. Hasil dari uji t yaitu thitung (-7,4862) lebih kecil dari −ttabel( -2,0244) dan thitung (-7,4862) lebih kecil dari ttabel (2,0244), sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan pembelajaran STEM dan Pembelajaran Konvensional pada materi gerak lurus di kelas X MIPA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran STEM; Pembelajaran Konvensional; Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Science and Religion
Physics
Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Kautsar Falah Zafira
Date Deposited: 16 Feb 2022 01:09
Last Modified: 16 Feb 2022 01:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49057

Actions (login required)

View Item View Item