Pemodelan management thermal motor BLDC 120KW

Ramji, Muhamad Rayhan (2021) Pemodelan management thermal motor BLDC 120KW. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy

Abstract

Management thermal dalam motor BLDC terbilang sangat penting, karena panas yang berada pada motor jika tidak disalurkan secara baik mengakibatkan efek buruk bagi motor seperti demagnetisasi magnet, degradasi isolasi, dan penurunan performa motor. Maka dari itu, penting untuk mengatur aliran panas yang ada pada motor agar motor bisa beroperasi secara maksimal. Pada penelitian ini dimodelkan beberapa variabel mulai dari losses yang dihasilkan motor, thermal yang dihasilkan dari losses motor, dan desain sistem pendingin. Simulasi dilakukan dengan aplikasi Motorcad pada motor BLDC 120KW. Setelah melakukan simulasi pada motor, didapat total losses sebesar 4.649W dengan inputan arus dan tegangan maksimum. Tujuan diberi inputan maksimal adalah untuk mengetahui losses maksimum yang dihasilkan oleh motor dalam 30 langkah rotasi. Panas maksimum yang dihasilkan dari motor ini mencapai 978,6˚C. Setelah diterapkan desain pendingin, yang dipadukan dengan perpaduan fluida cair dan angin, dihasilkan suhu pada gigi stator sebesar 65,9˚C. Kecepatan laju angin pada sistem pendingin sebesar 18,56 m/s yang diseimbangkan dengan kecepatan putar motor. Pengaturan kecepatan aliran air di cover motor sebesar 0,6 m/s dan kecepatan aliran air di slot stator sebesar 0.9543 m/s

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motor; BLDC; Thermal; Losses; Sistem
Subjects: Applied Physics > Electric and Related Motors
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: Muhamad Rayhan Ramji
Date Deposited: 25 Feb 2022 06:11
Last Modified: 25 Feb 2022 06:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/49219

Actions (login required)

View Item View Item