Maya Rahmawati, Maya Rahmawati (2016) Strategi Penyebaran Berita di Radio Komunitas dalam Meningkatkan Atensi Pendengar (Studi Deskriptif pada Program Acara Green Generation Time, Otosport, dan Info Kuliner di Kelurahan Sadang Serang). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (284kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
Abstract
Strategi dalam penyebaran berita di Radio Komunitas Rakita Fm mempunyai strategi tersendiri dalam meningkatkan atensi pendengarnya. Adapula dalam pengelolaan sebuah berita yang bagaimana dikemas menjadi sesuatu yang sangat menarik para pendengarnya. Dan dalam teknik pencarian beritanya Radio komunitas Rakita Fm mempunyai cara tersendiri. Tentu saja, radio komunitas dan radio komersil sangatlah berbeda dalam ketiga hal tersebut. Radio komunitas lebih mengedepankan dari warga, hanya warga, dan untuk warga. Dengan radio semacam ini, berita dan informasi terkini dan terpercaya memang relevan untuk di sebarluaskan dan di pertukarkan bisa dilakukan secara continue. Masalah penting di suatu daerah bisa langsung dan cepat di sebarluaskan. Masyarakat pendengar dapat diberikan kesempatan untuk mengekspresikan diri mereka sendiri baik itu dari sisi sosial, politik, budaya, dan sebagainya. Adapun yang menjadi pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi yang dilakukan oleh management radio komunitas Rakita Fm dalam menyampaikan berita, maupun siaran. Lalu bagaimana cara teknik pengelolaan berita agar selalu menjadi hal yang menarik bagi para pendengar, dan bagaimana cara teknik pencarian berita di Radio Komunitas tersebut salah satunya di program acara Green Generation Time, Otosport, dan Info Kuliner. Dalam meninjau Strategi Penyebaran Berita di Radio Komunitas Rakita Fm. Peneliti penggunakan metode studi deskriptif, yakni meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antarfenomena yang diselidiki. Dalam memahami strategi siaran radio, penulis menggunakan teori Hirarki pengaruh isi media. Teori ini dikemukakan oleh Pamlea J Shoemaker dan Stephen D Reese. Teori ini menjelaskan bahwa ada lima level yang mempengaruhi isi meida. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut, Pertama strategi yang di gunakan oleh Radio Komunitas Rakita Fm dalam meningkatkan atensi pendengar ada empat tahap yaitu: 1) Perencanaan Produksi, 2) Pengelolaan Program, 3) Eksekusi Program, 4) Tahap Pengawasan dan Evaluasi. Selain itu faktor Internal dan Eksternal radio juga mempengaruhi. Kedua dalam pengelolaan program berita harus melakukan analisis cermat terhadap persaingan stasiun penyiaran. Karena salah satu aspek penting dalam mengelola berita adalah memiliki keuntungan kompetitif, yaitu suatu hal khusus yang dimiliki atau dilakukan stasiun penyiaran radio komunitas. Ketiga, faktor yang mempengaruhi strategi penyiaran berita pada acara Green Generation Time, Info Kuliner dan Otosport dalam radio komunitas adalah, 1. Wartawan 2. Content atau isi berita dan 3. Operasional. Semua yang bekerja di radio komunitas tersebut jika mereka punya suatu berita atau menemukan berita dimanapun itu boleh langsung disiarkan. Atau juga bisa saling bertukar informasi mengenai acara tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Radio Komunitas, Green Generation Time, Otosport, Info Kuliner, Sadang Serang |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Sopia Respiawati |
Date Deposited: | 28 Nov 2017 03:47 |
Last Modified: | 28 Nov 2017 03:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4930 |
Actions (login required)
View Item |