Pemberian Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA) dan pupuk kandang sapi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.) pada tanah galian c

Fauziyah, Hanna (2022) Pemberian Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA) dan pupuk kandang sapi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.) pada tanah galian c. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy

Abstract

Bawang merah (Allium ascalonicum L.) merupakan jenis tanaman hortikultura yang bernilai ekonomis tinggi dan memiliki banyak manfaat. Salah satu upaya dalam meningkatkan hasil bawang merah adalah dengan memanfaatkan tanah marginal dan aplikasi FMA (Fungi Mikoriza Arbuskula) dengan pupuk kandang sapi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dosis FMA dan pupuk kandang sapi yang berpengaruh untuk meningkatkan produksi tanaman bawang merah. Penelitian ini dilaksanakan di Screen House Satuan Pelayanan Benih Kentang Desa Margamulya. Kab Bandung mulai dari Maret hingga Juni 2021. Metode yang digunakan adalah metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial dua faktor, faktor pertama adalah FMA dengan dosis 0 g tanaman-1, 5 g tanaman-1, 10 g tanaman-1, dan 15 g tanaman-1 sedangkan faktor kedua pupuk kandang sapi terdiri 20 t ha-1, 25 t ha-1, dan 30 t ha-1. Hasil penelitian menunjukan tidak terjadi interaksi FMA dan pupuk kandang sapi terhadap tanaman bawang merah. Secara mandiri FMA dan pupuk kandang sapi belum berhasil meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah pada tanah galian C.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bawang Merah;FMA;Galian C;Pupuk Kandang
Subjects: Farm, Farming
Specific Techniques of Agriculture > Soil Science
Field and Plantation Crops > Alkaloidal Crops
Garden Crops, Horticulture, Vegetables
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Hanna Fauziyah
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:42
Last Modified: 04 Mar 2022 02:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49378

Actions (login required)

View Item View Item