Statistical reasoning through metacognitive brain-based learning

Susilawati, Wati (2020) Statistical reasoning through metacognitive brain-based learning. Jurnal Analisa, 6 (1). pp. 40-46. ISSN p-ISSN : 2549-5135 e-ISSN : 2549-5143

[img]
Preview
Text (ARTIKEL)
ARTIKEL STATISTIK BBL.pdf

Download (279kB) | Preview
Official URL: http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/inde...

Abstract

Rendahnya kemampuan penalaran statistik mahasiswa, menuntut inovasi pembelajaran yang bermakna. Tujuan paper menganalisis kemampuan penalaran statistik mahasiswa melalui pembelajaran brain-based learning dengan strategi metakognitif. Metode Quasi Eksperiment, Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group design, melibatkan sampel dua kelas mahasiswa Semester III Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon. Instrumen tes penalaran statistis, dan Tes pengetahuan awal statistik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penalaran statistik antara mahasiswa yang melaksanakan brain-based learning dengan strategi metakognitif berada pada kategori pandai, lebih tinggi dari mahasiswa yang pembelajaran ekspositori berada pada kategori cukup. Berdasarkan pengetahuan awal statistis (pandai, cukup, lemah) mahasiswa yang melaksanakan brain-based learning dengan strategi metakognitif, lebih tinggi dari mahasiswa yang pembelajaran ekspositori. Terdapat interaksi antara jenis pembelajaran serta kategori pengetahuan awal statistis terhadap peningkatan kemampuan penalaran statistis mahasiswa. Pembelajaran brain-based learning dengan strategi metakognitif dapat memfasilitasi proses konflik, penemuan, interaksi sosial, dan proses reflektif mahasiswa sehingga kemampuan penalaran statistis mahasiswa lebih baik dari pada pembelajaran ekspositori.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Statistical; metacognitive; brain-based learning
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Wati Susilawati
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:50
Last Modified: 17 Mar 2022 02:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49387

Actions (login required)

View Item View Item