Maulana, Rivaldi (2021) Inovasi siaran radio di era digitalisasi media: Studi deskritif aplikasi streaming audio visual pada kanal 101,9FM Cosmo Visual Radio. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (118kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) | Request a copy |
Abstract
Sebagai salah satu media massa yang masih bertahan hingga saat ini, radio masih diminati oleh masyarakat. Ditambah adanya digitalisasi media membuat radio mengalami mediamorfosis, yakni dengan cara melakukan konvergensi media. Sehingga kini tampilan radio tidak seperti zaman dahulu yang bersifat theatre of mind ataupun auditif, masyarakat sekarang bisa melihat tampilan visual mulai dari konten yang disajikan hingga penyiar radio nya. Tampilan radio streaming audiovisual tersebut juga menjadi sebuah inovasi untuk media radio khusus nya yang ada di Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini terbagi kedalam tiga poin yakni untuk mengetahui proses konvergensi dari radio konvensional ke audiovisual yang dilakukan oleh 101,9 FM Cosmo Visual Radio. Kemudian untuk mengetahui penyesuaian konsep konvergensi media kepada pendengar yang dilakukan oleh 101,9 FM Cosmo Visual Radio, dan untuk mengetahui tantangan dan hambatan yang dihadapi pasca konvergensi media oleh 101,9 FM Cosmo Visual Radio. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan sample penelitian yang berjumlah 5 informan telah didapat dengan menggunakan teknik secara purposive melalui kriteria ataupun persyaratan yang dibutuhkan, yakni seorang station manager, dua orang selaku produser radio, seorang penyiar radio, dan seorang music director. Hasil dari penelitian ini adalah 101,9 FM Cosmo Visual Radio telah melakukan proses konvergensi media menjadi radio audio visual, dengan alasan banyaknya platform digital lain yang bermunculan. Bentuk proses konvergensi media yang dilakukan 101,9 FM Cosmo Visual melalui hasil kerja sama dengan salah satu development bernama SVARA, selain itu dengan mengoptimalkan penggunaan dari sosial media yakni Youtube. Setelah berhasil melakukan konvergensi media, langkah selanjutnya yang dilakukan 101,9 FM Cosmo Visual Radio adalah melakukan penyesuaian konsep konvergensi kepada pendengar lama maupun baru melalui cara sosialasi dan promosi di media sosial, hal ini bertujuan untuk mempertahankan dan memperluas segmentasi pendengar. Meski telah melakukan konvergensi media nyatanya 101,9 FM Cosmo Visual Radio tak luput dari tantangan dan juga hambatan. Mulai dari menyusun program yang baik, aplikasi yang error, cuaca buruk hingga persaingan antar media lainnya
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Radio; Digitalisasi Media; Streaming; Audio Visual; |
Subjects: | Communications Telemunications > Radio Broadcasting |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Rival Maulana |
Date Deposited: | 14 Mar 2022 03:55 |
Last Modified: | 14 Mar 2022 03:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/49389 |
Actions (login required)
View Item |