Mudiyawati, Riani (2021) Pengembangan E-Module berbasis Google Form pada materi sistem pencernaan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (207kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
Abstract
Terbatasnya ketersediaan bahan bacaan sebagai sumber belajar yang hanya mengandalkan buku paket yang disediakan dari sekolah membuat siswa kelas VIII B SMP Al-Ikhlas Bandung tidak memiliki banyak referensi bacaan guna menunjang proses pembelajaran IPA. Disamping itu mata pelajaran IPA terutama materi dengan konsep abstrak akan lebih mudah dipahami melalui pengalaman belajar visual (gambar) dan audio visual (video). E-module merupakan seperangkat bahan bacaan yang disusun dengan berbagai aktivitas yang akan dilakukan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. E-module memudahkan guru dan siswa dalam proses KBM disamping itu guru dan siswa akan terbiasa bersanding dengan teknologi, sehingga akan menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tahapan pengembangan pembuatan e-module, analisis kelayakan dan respon siswa. Tahapan penelitian ini meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), dan tahap pengembangan (development). Tahap define merupakan pengumpulan data hasil studi pendahuluan melalui wawancara langsung kepada guru IPA. Tahap design merupakan langkah mendesain produk melalui pengumpulan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan e-module seperti mengunduh aplikasi Flyer Maker dan Formfacade. Tahap development merupakan tahap lanjutan memasuki proses penilaian oleh validator dan juga pelaksanaan uji coba. Hasil rata-rata uji validitas terhadap kelayakan e-module adalah 92,5% dengan kriteria sangat valid diperoleh dari hasil penilaian ahli materi, media, dan guru IPA berturut-turut yaitu 92,5%, 75%, dan 98,1%. Uji coba skala kecil memperlihatkan hasil keterbacaan dengan rata-rata nilai yaitu 92,2% diinterpretasikan sangat valid. Sedangkan pada uji coba skala besar dilakukan penyebaran angket respon didapatkan hasil penilaian yaitu 87,5% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil perolehan nilai uji diatas disimpulkan bahwa produk e-module berbasis Google Form layak digunakan dalam proses pembelajaran pada materi sistem pencernaan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-module; kelayakan; keterbacaan; kriteria; validitas; respon peserta didik; |
Subjects: | Humankind Education Education, Research Physiology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Riani Mudiyawati |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 01:50 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 01:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/49395 |
Actions (login required)
View Item |