Dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak usia dini: Studi deskriptif di Pasir Kaliki Tengah Kelurahan Sadang Serang Kecamatan Coblong Kota Bandung

Pitorohmah, Windy Yuliza (2021) Dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak usia dini: Studi deskriptif di Pasir Kaliki Tengah Kelurahan Sadang Serang Kecamatan Coblong Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan bahwa perkembangan teknologi yang pesat kini telah membawa dunia ke era globalisasi yang maju dan modern. Oleh karena itu dibuatlah alat-alat yang dapat mengurangi beban kerja manusia, salah satunya adalah gadget. Gadget adalah salah satu bentuk dari berkembangnya Ilmu Pengetahuan Teknologi (IPTEK) masa kini, hal ini berpengaruh terhadap cara hidup manusia dalam hal berpikir dan berperilaku. Sementara itu, penggunaan gadget di kehidupan sehari-hari berpengaruh terhadap perilaku orang dewasa dan anak-anak, salah satunya dalam kemampuan interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Bentuk penggunaan gadget pada anak usia dini di Pasir Kaliki Tengah 2. Dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak usia dini di Pasir Kaliki Tengah, dan 3. Upaya orang tua untuk mencegah ketergantungan anak usia dini di Pasir Kaliki Tengah dari penggunaan gadget. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori interaksi sosial. Interaksi sosial sebagai peristiwa yang mempengaruhi satu sama lain ketika dua orang atau lebih saling berkomunikasi. Karenanya dalam setiap interaksi, perilaku setiap orang dirancang untuk mempengaruhi orang lain. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan kajian pustaka. Analisis data dengan memilih data yang penting untuk dipelajari, menyusun data ke dalam kategori dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk penggunaan gadget pada anak usia dini sangat bervariasi, rata-rata digunakan sekitar 2 sampai 6 jam sehari berupa bermain game, menonton video, menonton animasi atau serial kartun anak. Hanya sedikit yang menggunakannya untuk komunikasi dengan orang tua mereka atau menonton video pembelajaran. Dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak usia dini di Pasir Kaliki Tengah Kelurahan Sadang Serang Kecamatan Coblong Kota Bandung, memberikan dampak sangat besar terhadap kemampuan interaksi sosial anak usia dini. Misalnya, jika anak menonton konten yang mengandung unsur kekerasan, jika disalahgunakan, anak akan mempratekkan dengan teman dan menjadi sedikit sombong. Anak yang awalnya suka bermain dengan teman, bisa berubah dengan terbiasa diberikan gadget sebagai pengganti teman bermain, anak cenderung menutup diri dan lupa waktu. Upaya orang tua untuk mencegah ketergantungan anak usia dini di pasir kaliki tengah dari penggunaan gadget yaitu: 1. Pemberian arahan; 2. Memberi pengertian; 3. Memberi nasihat; 4. Bermain dengan anak-anak; 5. Memperbanyak bersosialisasi dengan teman atau keluarga sendiri; 6. Orang tua harus membatasi anaknya dalam menggunakan gadget.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gadget; Dampak Penggunaan Gadget; Interaksi Sosial
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Windy Yuliza Pitorohmah
Date Deposited: 07 Mar 2022 03:12
Last Modified: 07 Mar 2022 03:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49462

Actions (login required)

View Item View Item