Muhammad Topik Ismail, Muhammad (2016) Pengaruh Terpaan Tayangan Talkshow “Indonesia Lawyers Club” di TVone terhadap Sikap Kritis Mahasiswa Ilmu Hukum (Penelitian terhadap Mahasiswa Ilmu Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan 2013). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (665kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
Abstract
Media Massa khususnya Televisi menjadi salah satu media atau alat komunikasi massa yang paling banyak digunakan oleh masyarakat khususnya mahasiswa. Televisi menyajikan sebuah tayangan atau program sesuai dengan kebutuhan masyarakat, seperti program talkshow berita yang khusus membahas tentang hukum. Tayangan Indonesia Lawyers Club di tvOne merupakan sebuah program talkshow interaktif yang membahas permasalahan hukum yang sedang terjadi di Indonesia dengan menghadirkan narasumber yang terpercaya dan ahli dibidangnya untuk membahas satu permasalahan tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Terpan Tayangan Talkshow Indonesia Lawyers Club di tvOne Terhadap Sikap Kritis Mahasiswa Ilmu Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2013. Penelitian ini menggunakan Teori Kultivasi George Gerbner, yang memperkirakan dan menjelaskan pembentukan presepsi, pengertian dan kepercayaan mengenai dunia sebagai hasil dari mengonsumsi pesan media dalam jangka panjang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Asosiatif kausalitas, karena penelitian ini mencari hubungan sebab akibat antara dua variabel yaitu variabel independen (yang mempengaruhi) terpaan tayangan talksow “Indonesia Lawyers Club” dan variabel dependen (dipengaruhi) sikap kritis mahasiswa. Penelitian ini menggunakan analisis tabulasi sederhana dan analisis korelasi Pearson Product Moment untuk pengukuran korelasi pada statistik parametik. Untuk mengetahui derajat hubungan pengaruh antar variabel menggunakan Uji t hitung (Hipotesis). Dan perhitungan seberapa besar pengaruh menggunakan rumus koefisien determinasi. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket kepada 35 reponden. Hasil penelitian menunjukan bahawa ada pengaruh Terpaan Tayangan Talkshow Indonesia Lawyers Club di tvOne terhadap Sikap Kritis Mahasiswa Ilmu Hukum UIN SGD Bandung angkatan 2013, dengan perolehan nilai koefisien determinasi 27,5%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari terpaan tayangan talkshow Indonesia Lawyers Club cukup memiliki pengaruh terhadap variabel dependen sikap kritis mahasiswa sebesar 27,5%. Dan sisanya 72,5% , dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Talkshow, Indonesia Lawyers Club, TVone, Mahasiswa, Ilmu Hukum, UIN, Bandung, 2013 |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Sopia Respiawati |
Date Deposited: | 30 Nov 2017 04:14 |
Last Modified: | 30 Nov 2017 04:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4947 |
Actions (login required)
View Item |