Ulum, Denda Saepul (2021) Strategi public relations di masa pandemi COVID-19: Studi deskriptif pada Badan Pengelola Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geropark. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (653kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (959kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
Abstract
Badan Pengelola Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark merupakan lembaga dibawah naungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi yang memiliki wewenang pelaksana urusan pemerintahan dibidang pariwisata. Badan Pengelola Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark memiliki tugas dan wewenang dalam mengelola strategi public relations dimasa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses strategi public relations yang dilaksanakan oleh Badan Pengelola Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark dalam rangka penyelesaian dan pengelolaan krisis yang terjadi di masa pandemi COVID-19 melalui identifikasi masalah, perencanaan program, tindakan dan sosialisasi, dan evaluasi. Konsep yang digunakan pada penelitian ini yaitu konsep four step public relations (empat langkah humas) berupa; identikasi masalah (fact finding), perencanaan dan program (planning and programming), mengambl tindakan dan komunikasi (action and communication), dan evaluasi (evaluation). Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme dengan pendekatan interpretif dan metode deskriptif kualitatif. Data-data yang dikumpulkan dalam penelitian melalui wawancara mendalam dibantu observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi public relations di masa pandemi COVID-19 yang dilakukan oleh Badan Pengelola Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark diawali dengan tahap (1) identifikasi masalah secara internal dan eksternal meliputi; koordinasi, konsultasi, diskusi, monitoring, observasi, dan survey. Tahap (2) perencanaan program meliputi; penyusunan rencana dan anggaran, perencanaan program di masa pandemi COVID-19, dan perencanaan program setelah masa pandemi COVID-19. Tahap (3) mengambil tindakan dan sosialisasi meliputi; sosialisasi kebijakan pemerintah di masa pandemi COVID-19, melaksanakan seluruh kegiatan berbasis online, kerjasama dengan publiknya terkait penyelesaian krisis di masa pandemi COVID-19, ikut serta dalam kegiatan kepariwisataan nasional dan internasional. Tahap (4) evaluasi meliputi; observasi, monitoring, dan koordinasi dalam tingkat evaluasi dampak dan efek.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Public Relations; Pandemi COVID-19; Ciletuh-Palabuhanratu; UNESCO Global Geopark; Pariwisata |
Subjects: | Systems > Theory of Communication and Control Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication General Management > Planning and Strategic Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Denda Saepul Ulum |
Date Deposited: | 08 Mar 2022 05:36 |
Last Modified: | 08 Mar 2022 05:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/49506 |
Actions (login required)
View Item |