Pesan dakwah tentang peran perempuan dalam buku jihad perempuan milenial: Analisis isi dalam buku jihad perempuan milenial karya Anisa

Putri, Dedeh Dwi (2021) Pesan dakwah tentang peran perempuan dalam buku jihad perempuan milenial: Analisis isi dalam buku jihad perempuan milenial karya Anisa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_babI.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Perempuan milenial memiliki perbedaan peran dengan perempuan tempo dulu, dilihat dari segi jihad dan perannya yang sedikit sudah berubah. Pada zaman dulu jihad perempuan hanyalah sebatas menjadi ibu untuk anak-anaknya, menjadi istri yang baik yang bisa mengurus rumahnya, itu semua sudah tidak lagi mencermin perempuan milenial dimana perempuan milenial pada saat ini tampil sebagai mitra yang sejajar dengan para kaum laki-laki, mereka tampil hidup mandiri, dengan mengedepankan hidup yang mengikuti perkembagan zaman. Karena pada zaman moderenisasi ini mereka sudah memiliki pandangan yang luar, akti dan praktis, menjadikan hidup mereka bernuasa aktif dan global. Namun jiwa keibuan mereka tetap ada dan masih melekat pada dirinya. Berdasarkan latar belakang diatas penelitian ini memiliki tujuan, yaitu (1) Mengetahui lebih jauh mengenai hak perempuan yang dijelaskan dalam buku “Jihad Perempuan Milenial” (2) Untuk mengetahui tugas seorang perempuan yang dijelaskan dalam buku “Jihad Perempuan Milenial” (3) Untuk mengetahui isi pesan dakwah tentang harapan Perempuan era milenial yang dijelaskan dalam buku “Jihad Perempuan Milenial”. Dalam penelitian ini juga peneliti mengharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif untuk pengembangkan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang komunikasi dan dalam kajian ilmu dakwah melaui media cetak. Maka kerangka berpikir yang digunakan dalam peneltian ini diantaranya mengenai pesan dakwah, media dakwah dan perempuan. Dengan teori yang digunakan yaitu teori peran. Adapun langka-langkah penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif maka ada tiga tahapan yaitu : (1) Reduksi data (2) penyajian data (3) coding (4) kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pesan dakwah dalam buku jihad perempuan milenial ditemukan 32 pesan yang terbagi menjadi 3 kriterium yaitu kriterium hak perempuan, kriterium tugas perempuan dan kriterium harapan perempuan. Pada pesan dakwah kriterium hak perempuan terdapat beberapa pesan diantaranya perempuan menjadi pendidik pertama untuk anakjihad perempuan, perempuan harus berani, perempuan sebagai penebar perdamaian, perempuan harus maju dan lain sebagainya. Akan tetapi dari beberapa pesan yang ada pesan dakwah pada kriterium hak perempuan dinyatakan tidak ditemukan yang mana dibuktikan dengan hasil pengkoderan. Sedangkan pada kriterium tugas perempuan pesan dakwah yang ada dianggap sesuai, yang mana didalamnya membahas mengenai beberapa poin penting diantaranya mengenai jihad perempuan perempuan milenial harus mangupgrade iman, menjadi sahabat bagi anak, mendidik sesuai dengan zamannya, dan perempuan hijrah. Dan terakhir pada kriterium harapan perempuan menjadi kriterium mayoritas dalam penyampain pesan dakwah dalam buku jihad perempuan milenial, yang mana terdapat beberapa poin penting mengenai perempuan harus berani, muslimah harus up to date, perempuan sebagai penebar perdamaian, dan perempuan harus maju.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Peran; Perempuan
Subjects: Islam
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dedeh Dwi Putri
Date Deposited: 09 Mar 2022 02:01
Last Modified: 09 Mar 2022 02:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/49522

Actions (login required)

View Item View Item