Pengelolaan sampah melalui Bank Sampah Induk Cimahi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Studi deskriptif di Cisangkan, Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi

Seltiawati, Anggraeni (2021) Pengelolaan sampah melalui Bank Sampah Induk Cimahi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Studi deskriptif di Cisangkan, Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengurangan sampah di kota Cimahi yang dilakukan oleh Bank Sampah Induk Cimahi. Hal ini juga dikarenakan Kota Cimahi tidak memiliki tempat pembuangan akhir (TPA) sendiri melainkan hanya tempat pembuangan sementara (TPS) sehingga diperlukan pengurangan dan pengelolaan sampah dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses Bank Sampah Induk Cimahi mengelola sampah, pelaksanaan program Bank Sampah Induk Cimahi, serta hasil dari pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori pemberdayaan masyarakat Edi Suharto yang menyatakan bahwa pemberdayaan merupakan proses dan tujuan dengan melalui tahapan pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan dan pemeliharaan dengan indikator keberhasilan pemberdayaan dapat dilihat dari aspek yang menyangkut kemampuan ekonomi, kemampuan mengakses manfaat kesejahteraan, serta kemampuan kultural (Suharto, 2005). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif karena menggunakan data yang diperoleh dari observasi ke lokasi berlangsungnya proses pengelolaan sampah, studi dokumentasi dan wawancara kepada pihak Bank Sampah Induk Cimahi, beserta dengan anggota atau nasabah dari Bank SAMICI yang dilaksanakan sejak Juli hingga September 2021 dan data pendukung lainnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan sampah melalui Bank Sampah Induk Kota Cimahi mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Proses pemberdayaan masyarakat yang dilakukan ialah dengan sosialisasi dan edukasi serta pelatihan pemilahan sampah kepada masyarakat. Selain itu Bank Sampah Induk Cimahi juga melakukan monitoring dan evaluasi agar terjaga komunikasi dan mengetahui permasalahan yang terjadi di lapangan. Selain meningkatkan pengelolaan sampah, pemberdayaan yang dilakukan mampu mengatasi pengurangan sampah menuju TPA serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah. Hal ini juga tidak terlepas dari peran masyarakat dan pemerintah dalam mengatasi permasalahan sampah di Kota Cimahi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Pengelolaan sampah; Bank sampah; Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Communities
Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Anggraeni Seltiawati
Date Deposited: 10 Mar 2022 03:19
Last Modified: 10 Mar 2022 03:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49559

Actions (login required)

View Item View Item