Pengaruh modal minimal, persepsi return, dan persepsi risiko terhadap keputusan investasi saham syariah: Studi pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Syakira, Sarah (2022) Pengaruh modal minimal, persepsi return, dan persepsi risiko terhadap keputusan investasi saham syariah: Studi pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTARK)
2_abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia per Oktober 2019 jumlah investor Syariah tercatat meningkat menjadi sebanyak 62.840, naik 41 % dari posisi pada akhir tahun lalu sebanyak 44. 536 investor. Adapun jumlah investor Syariah saat ini telah mewakilkan 5,7 % dari total keseluruhan investor di pasar modal Indonesia. Persepsi mahasiswa bahwa investasi akan menghasilkan passive income, dividend, dan keuntungan untuk masa depan serta menjaga dari inflasi masa yang akan datang, hal inilah yang membuat banyak orang tertarik dalam berinvestasi. Namun dalam berinvetasi tidaklah selalu berbicara keuntungan tetapi juga kerugian “High Risk High Return” kerugian yang diperoleh baik dari capital loss, Risiko suspend, Resiko Likuiditas, keadaan ekonomi yang memburuk, dan pengaruh mikro dan makro faktor inilah yang mempengaruhi mahasiswa dalam berivestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal minimal, persepsi return, dan persepsi risiko terhadap keputusan investasi saham syariah pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung baik secara parsial maupun secara simultan. Adapun metode penelitian yang digunakan dengan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang berasal dari pengisian kuisioner pada 100 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Islam Negeri Bandung yang sudah memiliki rekening dana nasabah dan minimal umur 18 tahun. Kemudian analisis data yang digunakan analisis regresi linear berganda yang diawali dengan uji instrument penelitian, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Kemudian dalam pengolahannya menggunakan bantuan software Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian menyatakan bahwa faktor modal minimal, persepsi return, dan persepsi risiko memiliki pengaruh positif terhadap keputusan berinvestasi mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggunakan tingkat signifikasi 0,05% pada penelitian ini faktor yang mempengaruhi secara signifikan terhadap keputusan berinvestasi mahasiswa UIN Bandung ini adalah faktor modal minimal dan faktor persepsi return. Sedangkan faktor persepsi risiko tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan berinvestasi mahasiswa UIN Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Modal Minimal; Return; Risiko; Keputusan Investasi
Subjects: Econmics
Econmics > General Publications of Economic
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Sarah Syakira
Date Deposited: 15 Mar 2022 04:00
Last Modified: 15 Mar 2022 04:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49637

Actions (login required)

View Item View Item