Representasi muslimah di Instagram: Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap postingan tahun 2019 di Instagram Komunitas Hijabographic

Luthfi Rahman, Deli (2020) Representasi muslimah di Instagram: Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap postingan tahun 2019 di Instagram Komunitas Hijabographic. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Revolusi teknologi komunikasi dan informasi ditandai dengan era baru dalam media, yang dikenal juga dengan istilah media baru (new media), kehadirannya tidak terlepas dari perangkat komunikasi yang dimediasi oleh komputer dan internet. Salah satu teknologi media baru adalah lahirnya media sosial instagram. Instagram adalah sebuah aplikasi microbloging yang memiliki fungsi utama sebagai sarana pengunggah foto. Belakangan instagram mengembangkan fitur-fiturnya seingga menjadi lebih lengkap dan menyenangkan bagi penggunanya. Kecenderungan ini, membuat media sosial sebagai ruang baru untuk berinteraksi dan berkomunikasi, menarik orang bahkan komunitas untuk ikut eksis didalamnya. Salah satu komunitas yang ikut eksis di media sosial instagram adalah komunitas “Hijabographic”. Sebuah komunitas yang menggunakan desain grafis sebagai media penyampai pesannya. Dalam postingan instagramnya, komunitas “Hijabgraphic” selalu terdapat gambar perempuan muslimah yang menggunakan hijab. Tentunya komunitas “Hijabographic” memiliki maksud dalam menampilkan gambar tersebut. Ide, gagasan, serta konsep mengenai muslimah terdapat dalam postingan instagramnya. Secara tidak langsung akun hijabographic sedang mengkonstruksi muslimah diruang digital, sehingga dalam ruang tersebut nilai-nilai mengenai muslimah ditampilkan. Penelitinan ini bertujuan untuk menungkap makna konotatif, denotatif, dan mitos serta mengungkap representasi muslimah pada postingan instagram Hijabographic tahun 2019. Untuk mengungkap representasi perempuan muslimah tersebut, digunakan semiotika Roland Barthes. Dalam teorinya tersebut, Barthes mengkaji tentang makna atau simbol dalam bahasa atau tanda yang dibagi menjadi dua tingkatan signifikasi, yaitu tingkat denotasi dan tingkat konotasi serta aspek lain dari penandaan, yaitu mitos. Dari tujuh belas postingan instagram Hijabographic tahun 2019 yang dianalisis, terungkap ketaatan, kesetaraan, kebebasan, kekuatan, kecerdasan, serta kemandirian yang dimiliki oleh perempuan muslimah dan postingan tersebut menunjukan pada tiga representasi perempuan muslimah. Pertama, jilbab sebagai simbol keshalehan muslimah. Kedua, kesetaraan muslimah dengan laki-laki muslim. Ketiga, relasi peran antara muslimah dengan laki-lakinya. Secara keseluruhan, keseimpulan dalam representasi muslimah di instagram Hijabographic, yaitu muslimah adalah perempuan yang shalehah, mulia, cerdas, dan aktif. ENGLISH: The communication and information technology revolution is marked by a new era in media, also known as new media, presence cannot be separated from communication devices mediated by computers and the internet. One of the new media technologies is the birth of social media Instagram. Instagram is a microblogging application which has the main function as a means of uploading photos. Recently, Instagram has developed its features so that it is more complete and enjoyable for its users. This tendency makes social media a new space for interaction and communication, attracts people and even communities to exist in it. One of the communities that exist on Instagram social media is the “Hijabographic” community. A community that uses graphic design as a medium to convey its message. In their Instagram posts, the “Hijabgraphic” community always has images of Muslim women wearing the hijab. Of course the “Hijabographic” community has a purpose in presenting this image. Ideas and concepts about Muslim women are contained in her Instagram posts. Indirectly the Hijabographic account is constructing Muslim women in a digital space, so that in that space the values about Muslim women are displayed. This research aims to reveal the connotative, denotative, and mythical meanings and to reveal the representation of Muslim women in Hijabographic Instagram posts in 2019. To reveal the representation of Muslim women, Roland Barthes' semiotics is used. In his theory, Barthes examines the meaning or symbols in language or signs which are divided into two levels of significance, namely the level of denotation and the level of connotation and other aspects of marking, namely myth. Of the seventeen Hijabographic Instagram posts analyzed in 2019, it was revealed that Muslim women's obedience, equality, freedom, strength, intelligence, and independence are revealed and the posts show three representations of Muslim women. First, the hijab as a symbol of Muslim piety. Second, the equality of Muslim women with Muslim men. Third, the role relation between Muslim women and their men. Overall, the conclusion in the representation of Muslim women on Hijabographic Instagram is that Muslim women are pious, noble, intelligent, and active women.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Representasi; Muslimah; Instagram; Semiotika; Barthes; Komunitas; Hijabographic
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Communities
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Deli Luthfi
Date Deposited: 17 Mar 2022 06:53
Last Modified: 17 Mar 2022 06:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/49647

Actions (login required)

View Item View Item