Kota, Isra (2022) Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam film sepatu dahlan karya Benni Setiawan : Penelitian kualitatif deskriptif analisis pada film sepatu Dahlan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (271kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (657kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang menggambarkan maraknya tindakan kriminalitas, seperti tawuran antara pelajar, meningkatnya pergaulan bebas, maraknya angka kekerasan anak-anak dan remaja, kejahatan seksual, geng motor dan begal yang seringkali menjurus pada tindakan kekerasan yang meresahkan masyarakat, korupsi mewabah dan merajalela dan menambah pada semua sektor kehidupan masyarakat, bahkan menjerumus pada tindakan pembunuhan. Dari hal tersebut, maka perlunya penanaman nilai pendidikan karakter yang di pupuk sejak dini agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Film merupakan suatu bentuk karya sastra hiburan berwujud audiovisual yang memiliki kaitan erat dengan pendidikan yang didalamnya memiliki makna tersirat. Diantaranya yaitu Film Sepatu Dahlan Karya Benni Setiawan. Film ini merupakan film edukasi yang memuat gambaran nilai-nilai pendidikan karakter. Pemilihan film Sepatu Dahlan Karya Benni Setiawan dilatar belakangi oleh adanya keinginan untuk mendeskripsikan secara mendalam adanya nilai-nilai pendidikan karakter yang tercermin dalam setiap adegan yang diperankan oleh setiap tokoh dalam film tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film Sepatu Dahlan Karya Benni Setiawan dan manfaat film Sepatu Dahlan Karya Benni Setiawan terhadap penanaman nilai karakter di SD/MI. Jenis pendekatan pada penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif metode deskriptif analisis dengan objek Film Sepatu Dahlan Karya Benni Setiawan sebagai sumber datanya. Teknik pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi. Analisis data adalah analisis isi dengan menerapkan model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa terdapat lima nilai pendidikan karakter dalam Film Sepatu Dahlan Karya Benni Setiawan yaitunilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa (Religius), nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan diri sendiri, nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan sesama manusia, nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan lingkungan dan nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan kebangsaan. Sedangkan manfaatnya terhadap penanaman nilai pendidikan karakter di SD/MI, diantaranya sikap/perilaku meliputi: beribadah/berdoa. bersyukur, sabar dan ikhlas dalam menghadapi ujian dan cobaan, jujur, tanggung jawab, bergaya hidup sehat, disiplin, kerja keras, percaya diri, berpikir logis, mandiri, cinta ilmu, patuh pada aturan-aturan sosial, menghargai karya dan prestasi orang, demokratis, peka terhadap lngkungan sekitar tempat tinggal, nasionalis, dan menghargai keberagaman yang dapat diimplementasikan baik di luar maupun di dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai; Pendidikan Karakter; Film Sepatu Dahlan |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Isra Kota |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 04:54 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 04:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/49659 |
Actions (login required)
View Item |