Pengaruh Tayangan One Stop Football di Trans 7 terhadap Minat Menulis Berita Olahraga Mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung (Penelitian pada Mahasiswa Jurnalistik Angkatan 2012 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)

Ramadhan Setia Nugraha, Ramadhan (2015) Pengaruh Tayangan One Stop Football di Trans 7 terhadap Minat Menulis Berita Olahraga Mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung (Penelitian pada Mahasiswa Jurnalistik Angkatan 2012 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)

Abstract

Dengan adanya program One Stop Football di Trans 7 yang memberikan informasi mengenai berita seputar olahraga dalam dan luar negeri, menimbulkan minat yang berbeda-beda kepada masyarakat khususnya bagi mahasiswa jurnalistik tahun angkatan 2012 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dengan maraknya fenomena ‘gila bola’ memberikan pengaruh baru untuk mahasiswa jurnalistik melalui minatnya menulis berita olahraga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tayangan One Stop Football di Trans 7 terhadap minat menulis berita olahraga mahasiswa jurnalistik, maka peneliti tertarik untuk meneliti intensitas siaran, isi berita, dan daya tarik program. Teori yang digunakan adalah Uses and Effect Theory (Teori kegunaan dan efek), oleh Sven Windahl (1979). Teori ini merupakan sintesis antara pendekatan uses and gratifications dan teori tradisional mengenai efek. menelaah bahwa media merupakan alat kepuasan bagi setiap individu untuk mendapatkan informasi, sehingga menimbulkan efek tertentu, dalam hal ini berhubungan dengan minat. Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif karena pendekatan ini bertujuan untuk menggambarkan masalah terhadap tujuan penelitian. Metode ini pula bertujuan untuk melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi atau bidang tertentu secara faktuan dan cermat (Rakhmat 2009:24). Perhitungan menggunakan analisis korelasi untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh tayangan One Stop Football di Trans 7 terhadap minat menulis berita olahraga. Berdasarkan hasil penelitian program One Stop Football di Trans 7 secara keseluruhan memiliki pengaruh terhadap minat menulis berita olahraga mahasiswa jurnalistik. Dengan hasil perhitungan korelasi pearson product moment sebesar 0,864, dilanjutkan dengan uji t hitung sebesar 9,704 > t tabel sebesar 1,053. Artinya bahwa program One Stop Football di Trans 7 memiliki tingkat pengaruh yang sangat baik dengan minat menulis berita olahraga mahasiswa jurnalistik dan uji t hitung yang lebih besar dari t tabel berarti H1 diterima artinya bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara program One Stop Football di Trans 7 dengan minat menulis berita olahraga di kalangan mahasiswa jurnalistik UIN Bandung. Maka dapat disimpulkan bahwa 49,7% minat menulis berita olahraga mahasiswa jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung dipengaruhi oleh program One Stop Football di Trans 7 dan sisanya 50,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Program One Stop Football di Trans 7 memberikan kontribusi sebesar 49,7% minat menulis mahasiswa jurnalistik angkatan tahun 2012 UIN Sunan Gunung Djati Bandung dipengaruhi oleh program One Stop Football di Trans 7 dan sisanya 50,3% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: One Stop Football, Trans 7, Minat, Menulis Berita, Olahraga, Mahasiswa, Jurnalistik, UIN, Bandung
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Process of Written Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Sopia Respiawati
Date Deposited: 05 Dec 2017 02:40
Last Modified: 05 Dec 2017 02:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4971

Actions (login required)

View Item View Item