Syauqi, Tsabit (2021) Pesan dakwah pada desain kaos : Analisis semiotika Roland Barthes. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (699kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (889kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
Abstract
Metode dakwah dewasa ini semakin berkembang dan beragam macamnya. Kewajiban untuk berdakwah yang diemban setiap muslim memantik individu-individu untuk kreatif dalam menyampaikan pesan dakwah. Salah satunya adalah melalui desain kaos. Kaos sebagai salah satu jenis dari sandang yang merupakan kebutuham primer setiap manusia dimanfaatkan oleh Rian, Hafidh, dan Sony sebagai sarana dakwah. Melalui brand kaos Alknown pesan dakwah dikemas secara apik dan kekinian pada setiap desain kaos Alknown. Dengan mengusung tema sahabat Rasulullah SAW, tokoh Islam teladan, dan pahlawan nusantara Alknown memiliki visi agar setiap pribadi muslim meneladani dan mencontoh figure teladan yang nyata demikian juga tokoh-tokoh tersebut dapat dikenang dan abadi sepanjang sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dari pesan dakwah yang ada pada desain kaos Alknown. Dengan dirumuskan dalam pertanyaan bagaimana makna denotasi pada desain kaos Alknown, bagaimana makna konostasi yang ada pada desain kaos Alknown, dan bagaimana makna mitologisasi pada desian kaos Alknown. Teori yang digunakan adalah teori tentang pesan dakwah yang dikemukakan oleh Tata Sukayat, yaitu pesan dakwah Aqidah, Syariah, dan Muamalah yang terkandung pada desain visual kaos Alknown yang kemudian dianalisa dengan semiotika. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah dengan menggunakan analisis semiotika dengan model Roland Barthes “two order signification”. Analisis data digunakan dengan bentuk menentukan manka apa adanya, makna yang perlu tafsiran lebih lanjut, dan makna yang popular dengan budaya yang ada pada masyarakat. Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat makna dalam setiap desain visual pada kaos yang merupak pesan dakwah. Pada 15 desain kaos Alknown yang telah dipilih kemudian melalui proses analisa yang digunakan terdapat tiga pemaknaan, yaitu makna denotasi, makna konotasi dan makna mitos. Makna denotasi pada desain visual kaos menujukan makna sesungguhnya dari ilustrasi yang disajikan, sehingga menjadi daya tarik kaos tersebut oleh masyarakat. Makna konotasi pada desain visual kaos menunjukan bahwa terdapat penafsiran dari ilustrasi yang disajikan sehingga khalayak dapat mengambil pesan-pesan dakwah dari desain visual. Makna mitos pada desain visual kaos mengandung pesan yang populer dan melekat dimasyarakat kemudian menjadi tradisi dalam aspek sosial dan kehidupan sehari-hari yang mengandung nilai Islam dan kebaikan dalam berkehidupan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pesan Dakwah; Semiotika; Desain Visual Kaos; |
Subjects: | Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Tsabit Syauqi |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 08:06 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 08:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/49820 |
Actions (login required)
View Item |