COVID-19 dan pilihan rasional pedagang kaki lima : Studi kasus di Kawasan Candi Desa Tenjolaya Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung

Habibah, Dini Siti (2021) COVID-19 dan pilihan rasional pedagang kaki lima : Studi kasus di Kawasan Candi Desa Tenjolaya Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari adanya wabah virus COVID-19 yang melanda dunia dan mengakibatkan setiap negara harus mengambil kebijakan karantina, di Indonesia diambil kebijakan PSBB dan PPKM. Kebijakan tersebut menjadi latar belakang pilihan rasional yang diambil oleh para PKL di Kawasan Candi Desa Tenjolaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apa pilihan rasional PKL di Kawasan Candi Desa Panenjoan Kecamatan Cicalengka ditengah pademi COVID-19. (2) Siapa yang menjadi aktor dalam pilihan rasional yang terjadi di Kawasan Candi Desa Tenjolaya Kecamatan Cicalengka? (3) Apa sumber daya yang dimiliki oleh para pedagang kaki lima di Kawasan Candi Desa Tenjolaya Kecamatan Cicalengka?. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pilihan Rasional James Coleman. Teori ini digunakan untuk melihat fenomena sosial yang terjadi di masyarakat melalui tindakan yang dilakukan oleh PKL sebagai aktor dengan memiliki tujuan tersendiri dalam melakukan tindakannya tersebut dengan mengerahkan seluruh (sumber daya) agar tujuannya terlaksana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif studi kasus dengan menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian yang didapatkan melalui adanya tindakan PKL di Kawasan Candi Desa Tenjolaya yang membangkang aturan pemerintah selama masa pandemi ini menunjunkkan bahwasannya kebijakan PSBB dan PPKM tidak dapat diterapkan merata kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya para pekerja di sektor informal seperti PKL yang menggantungkan hidupnya pada penghasilan harian bukan penghasilan tetap/gaji.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: COVID-19; Karantina; Pilihan Rasional; PKL;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Dini Siti Habibah
Date Deposited: 24 Mar 2022 01:23
Last Modified: 24 Mar 2022 01:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49835

Actions (login required)

View Item View Item