Dinamika dakwah gerakan Pramuka melalui internalisasi Dasa Darma : Studi deskriptif pada gerakan Pramuka Gugusdepan Kota Bandung 23.001-23.002 basis UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Sholehah, Putri Ismiatul (2022) Dinamika dakwah gerakan Pramuka melalui internalisasi Dasa Darma : Studi deskriptif pada gerakan Pramuka Gugusdepan Kota Bandung 23.001-23.002 basis UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah menjadi sesuatu yang menyenangkan jika dilakukan dengan penuh sukacita. Kegiatan dakwah merupakan kegiatan yang dilakukan untuk merubah situasi yang baik kearah yang lebih baik lagi dengan mengharapkan ridho Allah, yang didalamnya melibatkan unsur-unsur dakwah. Saat ini dakwah menjadi kegiatan yang penting dalam kehidupan guna mencapai suatu tujuan tertentu. Masyarakatpun berlomba-lomba dalam melakukan kegiatan dakwah, termasuk didalamnya generasi muda dalam kegiatan kepanduan untuk melakukan kegiatan dakwah yaitu dalam Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dengan berlandaskan pada Dasa Darma, Gerakan Pramuka ini terus berkembang dan menuju kearah yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana interaksi kegiatan dakwah, interdependensi kegiatan dakwah, serta keteraturan kegiatan dakwah yang dilakukan Gerakan Pramuka UIN sunan Gunung Djati Bandung. Teori yang digunakan untuk menjelaskan penelitian ini adalah teori dinamika dari Slamet Santoso. Teori dinamika digunakan untuk mengetahui bagaimana dinamika yang terjadi pada Gerakan Pramuka UIN sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggambarkan mengenai kegiatan dakwah serta perkembangan yang ada di Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung secara lebih luas. Adapun dalam penelitian ini, menggunakan teknik mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi kegiatan dakwah Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung yaitu dalam setiap kegiatan terjadi interaksi yang positif yang terjadi pada setiap anggota baik secara internal maupun eksternal organisasi. Sifat saling ketergantungan juga sangat merekat antar anggota, kerjasama, gotong royong, saling membantu sehingga pada diri masing masing orang tertanam nilai nilai Dasa Darma. Setiap anggota yang tidak bisa menjalankan tugasnya maka akan dibantu oleh anggota yang lain. Keteraturan kegiatan dakwah disiapkan sematang mungkin demi tercapainya tujuan dakwah yang diharapkan dan sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Keteraturan Kegiatan, evaluasi serta tempat selalu diperhatikan dengan baik, supaya kegiatan dakwah yang dilakukan dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Proses evaluasi selalu dilakukan untuk mengetahui kekurangan apa yang harus diperbaiki.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dinamika; Dakwah; Pramuka
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Higher Education, Universities > Organization and Activities in Higher Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Putri Ismiatul Sholehah
Date Deposited: 28 Mar 2022 00:51
Last Modified: 28 Mar 2022 00:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49894

Actions (login required)

View Item View Item