Fahruroji, Ahmad Febi (2022) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran akidah akhlak secara daring hubungannya dengan perilaku siswa dalam menggunakan media sosial. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (218kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan, di MTs Ghoyatul Jihad Karawang dalam pembelajaran Akidah Akhlak secara daring serta hubungannya dengan perilaku siswa dalam menggunakan media sosial. Secara umum siswa mengikuti pembelajaran daring dengan baik serta berperilaku baik saat di sekolah. Penulis merasa tertarik untuk meneliti mengenai tanggapa siswa terhadap pembelajaran daring dan perilaku siswa dalam menggunakan media sosial serta adakah hubungan antara keduanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui Realitas tanggapan Pembelajaran Akidah Akhlak Secara Daring di MTs Ghoyatul Jihad Kelas IX; (2) Mengetahui Realitas perilaku siswa Mts Ghoyatul Jihad dalam menggunakan media sosial pada masa Pandemi Covid-19; (3) Mengetahui bagaimana hubungan Pembelajaran Akidah Akhlak secara Daring terhadap perilaku siswa dalam mengguanakan Media Sosial di MTs Ghoyatul Jihad Kelas IX. Penelitian ini berasal dari asumsi bahwa perilaku siswa pada kehidupan sehari-hari khususnya dalam bermain media sosial dipengaruhi banyak faktor, salah satunya yaitu proses pembelajaran akidah akhlak yang memuat materi tentang bagaimana cara bersikap pada kehidupan sehari-hari. Dari asumsi tersebut peneliti mengajukan Hipotesis dalam penelitian ini adalah semakin baik tanggapan siswa terhadap pembelajaran akidah akhlak secara daring semakin tinggi/baik pula perilaku siswa dalam bermedia sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan ialah korelasional. Sedangkan metode pengumpulan informasi memanfaatkan angket, studi kepustakaan dan observasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan pendekatan statistik yaitu analisis parsial, uji normalitas, analisis korelasi dan uji pengaruh variabel X dan variabel Y. Dari hasil yang telah didapatkan dari penelitian didapatkan: (1) Tanggapan siswa terhadap Pembelajaran Akidah Akhlak secara Daring termasuk ke variabel X, dan seluruh indikator yang ada variabel ini mendapatkan skor rata-rata sebesar 3,54 dan termasuk kategori tinggi karena masuk kepada interval 3,51-4,50; (2) Perilaku peserta didik dalam menggunakan media sosial termasuk ke dalam variabel Y, dan seluruh indikator pada variabel ini mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,81 dan masuk dalam kategori tinggi dan masuk kepada interval 3,51-4,50; (3) Hubungan Tanggapan siswa terhadap pembelajaran akidah akhlak secara daring dan perilaku siswa dalam menggunakan media sosial sangat rendah dengan koefisien korelasi sebesar 0,08.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggapan; Pembelajaran akidah akhlak daring; perilaku siswa; media sosial |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Character Development Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ahmad Febi Fahruroji |
Date Deposited: | 29 Mar 2022 05:56 |
Last Modified: | 29 Mar 2022 05:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/49895 |
Actions (login required)
View Item |