Bimbingan keagamaan melalui metode bercerita Islami untuk pembentukan pribadi jujur pada anak usia dini: Penelitian pada anak di Taman Iqra dan Al-Qur’an Hayatunnufus Kabupaten Subang

Hayatunnufus, Nurul Hifni (2019) Bimbingan keagamaan melalui metode bercerita Islami untuk pembentukan pribadi jujur pada anak usia dini: Penelitian pada anak di Taman Iqra dan Al-Qur’an Hayatunnufus Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menjaga dan membentuk fitrah kejujuran pada anak usia dini. Karena anak merupakan anugerah dari Allah SWT yang sejak lahir membawa fitrah kebaikan yang harus dijaga dan dikembangkan agar kelak menjadi manusia yang mampu melaksanakan perintah agama yang kokoh dengan nilai-nilai akhlakul karimah. Tujuan penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan keagamaan melalui metode bercerita islami dalam pembentukan pribadi jujur pada anak usia dini di Taman Iqra dan Al Qur’an Hayatunnufus; 2) Untuk mengetahui hasil bimbingan keagamaan dengan metode bercerita islami dalam pembentukan pribadi jujur pada anak usia dini di Taman Iqra dan Al-Qur’an Hayatunnufus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktiptif dengan pendekatan kualitatif karena penelitian ini untuk mengetahui hasil evaluasi metode bercerita untuk pembentukan pribadi jujur pada anak usia dini. Untuk teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, evaluasi hasil dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Pelaksanaan bimbingan keagamaan dengan metode bercerita islami dalam pembentukan pribadi jujur pada anak usia dini di Taman Iqra dan Alquran Hayatunnufus telah melalui perencanaan, dan dilaksanakan oleh pengajar dengan menceritakan kisah yang memiliki nilai kejujuran; 2) Hasil bimbingan keagamaan dengan metode bercerita islami dalam pembentukan pribadi jujur pada anak usia dini di di Taman Iqra dan Alquran Hayatunnufus mendapatkan hasil cukup efektif dari sisi kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kesimpulannya, bimbingan keagamaan melalui metode bercerita islami dapat membentuk kepribadian jujur pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bimbingan keagamaan; bercerita islami; pribadi jujur; usia dini.
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nurul Hifni Hayatunnufus
Date Deposited: 28 Mar 2022 01:47
Last Modified: 28 Mar 2022 01:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49897

Actions (login required)

View Item View Item