Peran Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dalam meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat : Study Deskriptif di Posyandu Sangkuriang RW 02 Desa Rancaekek Kulon, Kecamatan Rancaekek, Jawa Barat

Safitri, Rizqy Nurul (2021) Peran Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dalam meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat : Study Deskriptif di Posyandu Sangkuriang RW 02 Desa Rancaekek Kulon, Kecamatan Rancaekek, Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Posyandu Sangkuriang sebagai sararan pelayanan kesehatan yang di selenggarakan oleh masyarakat dan untuk masyarakat dan di bantu oleh petugas kesehatan. Posyandu mempunyai kedudukan fungsi dan peranan bagi keberhasilan status kesehatan masyarakat. Hal ini dikarenakan Posyandu Sangkuriang sebagai tempat pemenuhan pelayanan dasar yakni peningkatan derajat kebugaran dan gizi, lingkungan yang sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan program, pelaksanaan program, dan hasil peran posyandu dalam meningkatkan kualitas kesehatan di RW 02 Desa Rancaekek Kulon kecamatan Rancaekek. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori Soejono Seokanto tentang kesehatan masyarakat yakni kesehatan masyarakat mencakup kegiatan atau upaya pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan masyarakat. Penelitaian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarakan dan menganalisa suatu keadaan atau kondisi pada objek peneltian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dukumentasi. Analisi yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan dihubungkan dengan jurusan Pengembangan Msyarakat Islam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Posyandu Sangkuriang dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat melalui KB, Imunisasi, Diare, KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) dan. Tujuan membangaun Posyandu yaitu penurunan angka kematian ibu (AKI), angka kematian bayi (AKB) dan angka kematian anak balita (AKABA), tingkat kelahiran keluarga kecil dan makmur, mengurangi angka stanting pada bayi dan balita. Tingkat keberhasilan program Posyandu Sangkuriang diukur dari evaluasi secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu); dalam Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nurul Rizqy Safitri
Date Deposited: 29 Mar 2022 04:07
Last Modified: 29 Mar 2022 04:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49914

Actions (login required)

View Item View Item