Analisis kinerja pengelolaan anggaran Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) se-Kecamatan Regol periode 2015-2019

Putri, Rima Amalia (2020) Analisis kinerja pengelolaan anggaran Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) se-Kecamatan Regol periode 2015-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy

Abstract

Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) merupakan program pembangunan yang inovatif melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat yang di kehendaki dan di rencanakan secara kolaboratif untuk mengakselerasi percepatan pembangunan di kewilayan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja pengelolaan anggaran PIPPK dalam merealisasikan belanja anggaran PIPPK diseluruh Kelurahan yang ada di Kecamatan Regol Periode 2015-2019. Teori yang digunakan didalam penelitian ini adalah teori dari Mahmudi (2019:154), yang menyebutkan bahwa alat yang digunakan utuk menganalisis kinerja anggaran yaitu dengan menggunakan analisis kinerja anggaran belanja yang meliputi: 1) Analisis Varians Belanja, 2) Analisis Rasio Keserasian Belanja, 3) Analisis Rasio Efisiensi Belanja, 4) Analisis Pertumbuhan Belanja. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang mana peneliti melakukan perhitungan terhadap data keuangan yang diperoleh dan menggambarkannya secara mendalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumen serta bahan audio. Adapun langkah-langkah analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Jenis data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh melalui wawancara di beberapa kelurahan di Kecamatan Regol dan data sekunder diperoleh dengan mengumpulkan beberapa data laporan realisasi anggaran PIPPK Se-Kecamatan Regol. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, Kinerja pengelolaan anggaran PIPPK berdasarkan analisis Varians Belanja bersaldo negatif yang mengartikan bahwa penyerapan anggaran belum mencapai 100% tetapi adanya penghematan anggaran yang dilakukan oleh kelurahan yang ada di Kecamatan Regol. Kedua, Kinerja pengelolaan anggaran berdasarkan analisis keserasian belanja untuk periode 2015-2019 disimpulkan rata-rata hampir 90% digunakan untuk belanja operasional dibandingkan dengan belanja modal yang hanya rata-rata dibawah 10% pengunaan anggarannya. Ketiga, Kinerja pengelolaan anggaran berdasarkan rasio efisiensi belanja rata-rata mecapai persentase 80-90% yang bisa dikatakan efisien dalam penggunaan anggarannya. Keempat, Kinerja pengelolaan anggaran berdasarkan analisis pertumbuhan belanja pada tahun 2016-2018 mengalami penurunan dan ditahun 2019 mengalami kenaikan 33,42% dari total realisasi belanja tahun 2018 artinya belum terealisasinya penggunaan anggaran berbasis kinerja yang dimana adanya kenaikan anggaran yang cukup signifikan dari tahun yang sebelumnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Belanja; Pengelolaan Anggaran; PIPPK
Subjects: Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Accounting > Auditing
General Management > Budgeting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Rima Amalia Putri
Date Deposited: 29 Mar 2022 05:46
Last Modified: 29 Mar 2022 05:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49925

Actions (login required)

View Item View Item