Fuad, Muhammad Noor (2022) Pemahaman orangtua tentang program pendidikan di televisi pada masa pandemic covid-19 : Studi fenomenologi tentang pengalaman para orang tua belajar melalui program TVRI di Margahayu Metro rw 021, kelurahan Margasari, kecamatan Buah Batu, kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (263kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
Abstract
Media televisi sangat lekat dengan kegiatan rumahan sehari-hari. Hal ini disebabkan televisi dapat menciptakan suasana yang mengarahkan para penonton untuk santai di satu tempat, dan bersantai menyaksikan tayangan televisi. Selain hal tersebut, televisi juga menjadi media pembelajaran, dan jalannya informasi kepada masyarakat. Terutama pada massa pandemi Covid-19 ini, di mana berdasarkan surat edaran pemerintah Nomor 4 Tahun 2020 berisi tentang pelaksanaan kebijakan Pendidikan dalam masa Darurat penyebaran Covid-19, dijelaskan bahwa kegiatan pembelajaran dilaksanakan di rumah menggunakan media televisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motif, cara, pengalaman dan pemahaman orangtua dalam menggunakan media pembelajaran Televisi sebagai sumber informasi pendidikan di rumah? Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif. Paradigma ini memiliki cara pandang untuk memahami dan menjelaskan suatu fenomena dengan cara pandang aktor yang terlibat di dalamnya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, adapun model yang digunakan adalah model fenomenologi Alfred Schutz dengan menganalisis motif yang terbagi menjadi dua jenis motif, motif sebab dan motif tujuan. Selain itu penelitian ini juga menggunakan teori belajar sosial yang menganalisis tentang masyarkat yang belajar dengan adanya terpaan media. Objek dalam penelitian ini terdiri dari empat narasumber sebagai orangtua maupun kerabat. Hasil penelitiannya. Pertama, motif orangtua lebih kompleks dibandingkan, motif sebab orangtua selalu mengalami perubahan namun motif tujuan memiliki kesamaan yaitu anak mendapatkan nilai yang bagus. Kedua, orangtua menjadi penggerak dan pihak yang paling berperan besar bagi anak untuk belajar di rumah menggunakan media pembelajaran televisi. Ketiga, pengalaman orangtua kebanyakan berakhir pada pengalaman yang kurang baik. Keempat, orangtua lebih paham mengenai materi yang disampaikan untuk anak-anaknya di rumah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program televisi; covid-19; pembelajaran televisi; orang tua; pengalaman; pendidikan televisi; daring; program pendidikan; TVRI |
Subjects: | Critical Philosophy > Phenomenology Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Communications Telemunications > Television Broadcasting |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Muhammad Noor Fuad |
Date Deposited: | 31 Mar 2022 07:51 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 07:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/49958 |
Actions (login required)
View Item |