Dampak keberadaan pasar kaget terhadap perubahan kehidupan sosial ekonomi masyarakat: Studi di Pasar Rebo Kampung Sirnagalih Desa Sukaratu Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut

Sopian, Hildan (2022) Dampak keberadaan pasar kaget terhadap perubahan kehidupan sosial ekonomi masyarakat: Studi di Pasar Rebo Kampung Sirnagalih Desa Sukaratu Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy

Abstract

Pasar merupakan pusat perekonomian dan perdagangan lebih menitikberatkan penjual dan pembeli yang berada di suatu tempat untuk memperoleh keuntungan dar i hasil jual beli. Dalam hal ini setiap wilayah pasti memiliki yang namanya pasar baik itu berupa pasar tradisional ataupun pasar modern. Dalam hal ini di wilayah Kampun g Sinargalih Desa Sukaratu terdapat sebuah pasar atau yang biasa disebut dengan P asar Rebo. Pasar Rebo merupakan pasar kaget yang selalu ada di setiap hari Rabu. S eiring dengan perkembangan zaman semakin banyak pedagang yang berjualan dilin gkungan pasar rebo tersebut sehingga menyebabkan adanya perubahan sosial pada masyarakat aslinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perubahan ekonomi yang diala mi masyarakat sekitar Pasar Rebo (pasar kaget) di Desa Sukaratu Kecamatan Malan gbong Kabupaten Garut (2) Perubahan sosial yang dialami masyarakat sekitar Pasar Rebo (pasar kaget) di Desa Sukaratu Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori Fungs ional struktural, Perubahan sosial dan Konsekuensi disfungsional. Menurut Merton, perubahan sosial yang terajadi di masyarakat merupakan upaya masyarakat dalam mencapai keseimbangan dan kestabilan baru dalam perbaikan kondisi, sehingga ma syarakat berupaya menyusun kembali dalam upaya. Adapun menurut Soeharto Edy Perubahan sosial merujuk kepada kemampuan seseorang untuk mampu beradaptasi dan mengeluarkan segala potensinya untuk berpartisipasi. Menurut Ritzer Konsekue nsi Disfungsional adalah dengan adanya pertentangan dan ketegangan tersebut ma ka akan muncul struktur yang bersifat alternatif sebagai subsistem yang menrtralisir ketegangan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang m erupakan jenis data kualitatif untuk mendeskripsikan, menganalisa, dan mengungka pkan peristiwa yang terjadi di lapangan. Data dihasilkan berdasarkan pengumpulan data primer dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu dilengk api juga dengan data sekunder berupa referensi dalam bentuk buku-buku yang releva n dengan tema penelitian untuk mendukung data-data di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian, (1) Perubahan ekonomi masyarakat yang berpen garuh terhadap kehidupan masyarakat setempat adalah terbukanya mata pencahari an baru seperti pedagang, tukang parkir, penjaga keamanan dan penagih retribusi. Se lain itu, perubahan ekonomi masyarakat yang berpengaruh terhadap kehidupan mas yarakat setempat adalah pendapatamtambahan bagi masyarakat. (2) Perubahan so sial masyarakat yang berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat setempat adalah perubahan terhadap lingkungan dan keamanan, untuk lingkungan kondisi lingkunga n setelah adanya pasar kaget mengarah pada pencemaran lingkungan dengan meni ngkatnya sampah-sampah yang dihasilkan oleh aktivitas manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perubahan Sosial; Pasar Kaget; Kehidupan Sosial-Ekonomi
Subjects: Sociology and Anthropology, Society > Nonliterate Societies
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Hildan Sopian
Date Deposited: 05 Apr 2022 06:34
Last Modified: 05 Apr 2022 06:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50041

Actions (login required)

View Item View Item